PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA DI MTSN 17 JAKARTA

TADZKIA HUMAIROH, . (2017) PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA DI MTSN 17 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
awalan (cover, lembar pengesahan pasca sidang, abstak, sambutan, daftar isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB 2 footnote kiri.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (495kB)
[img] Text
daftar pustaka & lampiran RPP, CV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
lampiran perhitungan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Strategi DRTA terhadap kemampuan hasil belajar membaca siswa di sekolah MTsN 17 Jakarta. Dan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Dan yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dari MTsN 17 Jakarta, dari penelitian ini pun peneliti mengambil sampel siawa kelas 8 yang terdiri dari 30 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 30 orang anak untuk kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Dan untuk mengetahui hasil belajar membaca bahasa Arab siswa, peneliti memberikan soal pretest dan posttest . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada signifikan 0,05. Dan dapat diketahui harga t setelah dilakukan uji normalitasserta uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov Testandar Dari uji normalitas pada kelas eksperimen didapatkan standar deviasi.sebesar 10,137 pada taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,74 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,74 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dari uji normalitas pada kelas Kontrol didapatkan standar deviasi.sebesar 14,487 taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,14 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,14 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal Sedangkan pada uji homogenitasdilakukan dengan menggunakan teknik Test of Homogeneity of Variances.dan dari hasil perhitungan uji homogenitaspada kelas Ekperimen taraf homogenitas yang diperoleh adalah 0,930 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,930 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut homogen, dan pada kelas Kontrol taraf homogenitas yang diperoleh adalah 0,188 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,188 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut homogen. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi DRTA terhadap kemampuan membaca siswa di MTsN 17 Jakarta sudah dapat menjawab pertanyaan peneliti. Hasil penelitian, bahwa hasil membaca siswa di MTsN 17 Jakarta yang diberikan strategi DRTA oleh peneliti terdapat pengaruh yang signifikan dari pada hasil belajar rata-rata siswa yang tidak diberikan perlakuan pembelajaran dengan DRTA atau yang hanya diberikan perlakuan dengan metode langsung. Bahwa siswa lebih menyukai penggunaan strategi DRTA, karena mereka dituntut untuk memahami pelajaran denganya. Selain itu, seharusnya pengajar pun menggunakan strategi yang sesuai saat proses pembelajar berlangsung, khususnya saat pembelajaran membaca bahasa Arab. This research was aimed to find out about the effect of the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy towards the Arabic Reading Proficiency of Students in MTsN 17 Jakarta. The method used in this research is experiment research. The population of this research is all of the students from MTsN 17 Jakarta, from this research, the researcher takes 30 samples from the 8th grade students for the experiment class and another 30 samples of 8th grade students for the control class, the taking of samples are done purposively. To determine the learning outcomes of the students proficiency in reading Arabic, the researcher gives a pretest and posttest questionnaire. The technic used in analyzing the data is t test at a significance of 0.05. The value of t is discovered after the normality test and homogeneity test. The normality test is done using the Kolmogorov-Smirnov Test. From the normality test of the experiment, the standard deviation obtained is 10.137 which the gained significance level is 0.74 at the 0.05 significance level.. 0.74 score > 0.05, it can be concluded that the distribution data is normal. The normality test of the control class, the standard deviation obtained is 14.487 which the gained significance level is 0.14 at the 0.05 significance level. 0.14 score > 0.05, it can be concluded that the distribution data is normal. Whereas the homogeneity test is done using the Test of Homogeneity of Variances technic. From the findings of homogeneity test calculation, the level of homogeneity on the experiment class is 0.930 at a 0.05 significance level. 0.930 score > 0.05, it can be concluded that the samples are homogeneous. The level of homogeneity on the control class is 0.188 at a 0.05 significance level. 0.188 score > 0.05, it can be concluded that the samples are homogeneous. So, the use of the DRTA Strategy towards the reading proficiency of the students of MTsN 17 Jakarta answers the researchers question. The research results, the reading proficiency outcome of the students of MTsN 17 Jakarta that were given the DRTA strategy from the researcher has a significant effect rather than the students that were never given the DRTA strategy or just given the average direct learning method. The students favored the use of the DRTA strategy in learning because they are required to understand the lessons. Furthermore, the teacher should use the suitable strategy when the learning is in session, especially when the learning is about Arabic reading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:38
Last Modified: 25 Apr 2022 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item