PENGARUH METODE POINT COUNTER POINT (PCP) DENGAN MEDIA KARTU BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 6 JAKAPERMAI BEKASI

SHAVIRA AMALIA SANTOSO, . (2016) PENGARUH METODE POINT COUNTER POINT (PCP) DENGAN MEDIA KARTU BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 6 JAKAPERMAI BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB (4).pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB (1).pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB (5).pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB (2).pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB (3).pdf

Download (575kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5kB)
[img] Text
lembar pengesahan, daftar isi, dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
jurnal skripsi shavira.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Point Counter Point (PCP) dengan media kartu berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester kedua di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest dan Posttest dua kelompok. Uji Fisher digunakan sebagai uji Homogenitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 1,06 berdasarkan distribusi dengan dk = 31 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ftabel = 1,84, dari hasil tersebut diperoleh Fhitung ≤ Ftabel. Dengan demikian populasi memiliki varians yang homogen. Uji lilifors digunakan sebagai uji normalitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Lhitung = 0,083 berdasarkan distribusi dengan dk= 31 dan taraf signifikan 0,05 diperoleh Ltabel = 0,157 untuk kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,071 dan Ltabel = 0,157 dari hasil tersebut diperoleh Lhitung ≤ Ltabel. Dengan demikian, populasi berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh Thitung sebesar 6,362 pada dk= 30 dalam taraf signifikan ( ) sebesar 0,05, sedangkan Ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar 2,000, maka 6,362 > 2,0000 sehingga terima H1 dan tolak Ho. Rata-rata kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas eksperimen adalah 80,03 lebih tinggi dari kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 69,25. Dari data tersebut diketahui bahwa hasil penellitian dapat menguji hipotesis nol (Ho). Oleh sebab itu, terdapat pengaruh metode Point Counter Point (PCP) dengan media kartu berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek pada kelas VII SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode Point Counter Point (PCP) dengan media kartu berseri dalam menulis teks lainnya yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan seperti teks Narasi. This study aims to determine the effect of the method Point Counter Point (PCP) with a media card glow in the ability to write a short story text in class VII SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi. The research was conducted in the academic year 2015/2016, the second semester in class VII. The method used in this study is an experimental method with pretest and posttest design of the two groups. Fisher's exact test was used as test of homogeneity. From the calculation of F = 1.06 based distribution with df = 31, and a significance level of 0.05 was obtained Ftabel = 1.84, from the results obtained Fhitung ≤ Ftabel. Thus the population has a homogeneous variance. Lilifors test is used as a test for normality. From the calculation Lhitung = 0.083 based distribution with df = 31, and a significance level of 0.05 was obtained Ltabel = 0,157 for the experimental class, while the class gained control Lhitung Ltabel = = 0,071 and 0,157 of the results obtained Lhitung ≤ Ltabel. Thus, normally distributed population. Based on t-test calculation, obtained Thitung amounted to 6.362 at dk = 30 in the significant level (α) of 0.05, while Ttabel obtained through interpolation by 2,000, then 6.362> 2.0000 so thank H1 and reject Ho. On average ability to write a short story text graders experiment was 80.03 higher than the ability to write a short story text control class which only reached an average of 69.25. From these data it is known that the penellitian can test the null hypothesis (Ho). Therefore, there is the influence of the methods Point Counter Point (PCP) with a media card glow in the ability to write a short story text in class VII SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi. Implications learning Indonesian, teachers can use the method Point Counter Point (PCP) with a media card glow in the text more coherent according to the characteristics of the text that will be made either orally or in writing as narrative text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd. 2). Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:44
Last Modified: 26 Apr 2022 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27997

Actions (login required)

View Item View Item