Pengaruh Metode Learning Tournament dengan Media Gambar Berantai terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bogor

DELIA PARAMITA, . (2015) Pengaruh Metode Learning Tournament dengan Media Gambar Berantai terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bogor. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DLL.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Learning Tournament dengan media gambar berantai terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Bogor pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain randomized control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bogor. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau sample random sampling. Jumlah sampel 57 orang siswa. Dengan rincian Kelas eksperimen berjumlah 27 orang siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, didapat nilai rata-rata hasil kemampuan menulis teks cerpen pada kelas eksperimen sebesar 80.35. nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis teks cerpen pada kelas kontrol, yaitu sebesar 69.5 selisih diantanya keduanya adalah 10.85. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh Lo maksimal untuk kelas eksperimen sebesar 0.114. Untuk kelas kontrol diperoleh Lo maksimal sebesar 0.148, sedangkan L tabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk=30 adalah sebesar 0.161 Lhitung < Ltabel maka sampel berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlet diperoleh X0 2 hitung sebesar -0.44 dan Xt 2 pada taraf signifikansi α = 0.05 adalah 3.841, karena X0 2 < Xt 2 atau -0.44 < 3.841, maka sampel dalam penelitian memiliki data yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,64 , sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α = 0.05 adalah 1.697 karena thitung > ttabel berarti Ho ditolak dan HI diterima. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Learning Tournament dengan media gambar berantai berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa SMP. Berdasarkan hasil di atas, metode Learning Tournament dengan media gambar berantai dapat dijadikan metode dan media pembelajaran alternatif yang baik untuk pembelajaran menulis teks cerpen dan pembelajaran lainnya seperti menulis teks deskripsi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu metode dan media yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd. ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil (ling).
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 01:22
Last Modified: 10 May 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28041

Actions (login required)

View Item View Item