HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ASRI HIDAYATI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4-SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3-ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3-ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2-COVER SKRIPSI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7-KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8-DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Kelurahan Karet Setiabudi Jakarta Selatan. Sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional sederhana. Data kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar IPA dikumpulkan melalui instrumen berbentuk tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman berhubungan positif dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD, dengan t hitung (5,87) > t tabel (2,00). Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. This study aims to determine the relationship between reading comprehension skill with science achievement of elementary fifth grade students in Karet Setiabudi, South Jakarta. Samples were students of class V elementary school in Karet Setiabudi, South Jakarta. As many as 60 students. Sampling using cluster random sampling technique. The method used was survey method with simple correlational techniques. Data reading comprehension skill and science achievement are collected through an instrument test, then analyzed using t-test. The results showed that reading comprehension skill is positively associated with science achievement elementary fifth grade science students, with t count (5.87) > t table (2.00). These results indicate that the ability of reading comprehension skill can be used as one of the efforts to improve science achievement the fifth grade of elementary students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 04:08
Last Modified: 12 May 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28256

Actions (login required)

View Item View Item