PEMANFAATAN PROGRAM NETOP SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI DESAIN GRAFIS DI SMP ISLAM AL AZHAR 22 SENTRA PRIMER JAKARTA

TAUFAN HIMAWAN, . (2015) PEMANFAATAN PROGRAM NETOP SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI DESAIN GRAFIS DI SMP ISLAM AL AZHAR 22 SENTRA PRIMER JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Hal. Pengesahan.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar seni desain grafis, khususnya pada aspek keterampilan menggambar menggunakan perangkat lunak pengolah grafis yaitu Corel Draw 11. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni desain grafis dengan memanfaatkan program Netop School sebagai strategi pembelajaran terutama pada pokok bahasan menggambar menggunakan software pengolah grafis yaitu Corel Draw 11. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar 22 Sentra Primer Jakarta. Subjek yang menjadi penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan program Netop School terjadi peningkatan hasil belajar, yaitu jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM pada siklus I sebanyak 24 orang atau 67%, siklus II yang sudah tuntas dan mencapai KKM sebanyak 31 orang atau 86% dan pada siklus III sebanyak 36 telah mencapai KKM 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi program Netop School dapat meningkatkan hasil belajar Seni Desain Grafis. *This research is motivated by the low learning outcomes graphic design art, especially in the aspect of drawing skills using graphic processing software is Corel Draw 11. This research aims to improve learning outcomes by utilizing the art of graphic design Netop School program as a learning strategy, especially on the subject of drawing using a graphics processing software is Corel Draw 11. This type of research is classroom action research with three cycles consisting of two meetings in one cycle, each cycle consisting of: planning, implementation, observation and reflection. Data collection tools and techniques in this study using descriptive analysis techniques to the data in the form of a document results of student work, a list of values and observation sheet. The research was conducted at Al Azhar Islamic SMP 22 Jakarta Sentra Primer. The subject in this study were students of class VII A the number of 36 students. The results showed that by utilizing Netop School program increased learning outcomes, ie the number of students who completed the first cycle KKM reached as many as 24 people or 67%, the second cycle that has been completed and reached KKM as many as 31 people or 86% and in the third cycle as much as 36 has reached KKM 100%. It can be concluded that the strategy Netop School program can improve learning outcomes Graphic Art Design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd ; 2). Dr. Yuliatri, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 06:44
Last Modified: 18 May 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28437

Actions (login required)

View Item View Item