MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA KELAS IV

CHOIRUL ACHMAD RIFAI, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LEMPAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA KELAS IV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK Inggris.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar lempar melalui pendekatan bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kayu Putih 03 Pagi Pulo Gadung Jakarta Timur dimulai pada bulan Mei sampai bulan Juni, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan persentase perolehan data pada siklus I gerak dasar lempar 68%. Siklus II menunjukan kenaikan yaitu 91%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan bermain pada siklus I persentase 60% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 90%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa Pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan pendekatan bermain dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar di kelas IV SDN Kayu Putih 03 Pagi Pulo Gadung Jakarta Timur. ********** Class Action Research aims to obtain data about upgrading basic throwing motion through play approach in Physical Education Learning. This research was conducted in the third grade at SDN Kayu Putih 03 Pagi Pulo Gadung starts in May until June, using action research methods (classroom action research) consisting of 2 cycles with 4 main activites: planning, action, observation, reflection. The results show the percentage of data acquistion in the first cycle throwing motion base 68%. Cycle II showed increase at 91%. While data for monitoring the action learning approach persentas play in the first cycle and 60% in the second cycle reaches up to 90% improvement. From the research, it can be stated that by using this approach can improve the ability to play basic throwing motion in physical aducation lessons. The conclusion is that the learning of physical education using the approach play learning approach can be used to improve basic motor skills throw in a Class IV SDN Kayu Putih 03 Pagi Pulo Gadung of East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Julius Sagita, M.Pd. ; 2). Drs. Kunaryo
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 03:19
Last Modified: 19 May 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28470

Actions (login required)

View Item View Item