UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN PRINSIP SEMBILAN PERISTIWA PEMBELAJARAN (NINE EVENTS OF INSTRUCTION) DI SMP

DARA ZARBIAH, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN PRINSIP SEMBILAN PERISTIWA PEMBELAJARAN (NINE EVENTS OF INSTRUCTION) DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VERSI RAMPUNG DAN BAGUS.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI REALL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (767kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
R4.pdf

Download (346kB)
[img] Text
R3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
R1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
R2.pdf

Download (41kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (65kB)
[img] Text
R6.pdf

Download (396kB)
[img] Text
R5.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris dan memperbaiki kualitas proses pembelajaran dengan menerapkan prinsip sembilan peristiwa pembelajaran (nine events of instructions). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Putradarma Global School Tambun Selatan, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 15 siswa, dengan fokus utama penelitian pada 10 siswa yang memiliki masalah belajar dan 5 siswa pendukung penelitian, dilakukan pada semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 siklus dengan pokok bahasan Experience sub materi Recount Text. Tahapan awal melakukan penelitian terdiri dari menemukan masalah, mendiagnosis masalah, merencanakan tindakan, melaksanakannya, mengamati proses pelaksanaannya dan melakukan refleksi. Pada siklus berikutnya dari hasil refleksi yang dilakukan di siklus awal, kembali pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebagai standar keberhasilan peneltian digunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan di sekolah yaitu 75. Hasil belajar yang diperoleh dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Aktivitas guru dan siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami proses perbaikan dalam pembelajaran. Berdasarkan adanya peningkatan hasil belajar dan perbaikan kualitas pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa prinsip sembilan peristiwa pembelajaran (nine events of instructions) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII-2 di SMP Putradarma Global School. *This research aims to improve learning outcomes and improve the quality of English language learning process by applying the nine principles of learning events (nine events of instructions). This study was conducted in Putradarma Global Junior School South Tambun, with eighth grade students study subjects-2, amounting to 15 students, with the main focus of research on 10 students who have learning problems performed in the second semester of academic year 2014/2015. The method used is a Class Action Research Model developed by Kemmis and Taggart. This study was conducted in two cycles with the subject matter sub Experience Recount Text. Early stages of doing research consists of finding the problem, diagnose problems, plan of action, implement, observe the process of implementation and reflection. In the next cycle of reflections results conducted in the beginning of the cycle, returning to the stage of planning, implementation, observation and reflection. As the success of a study used standard minimum completeness criteria (KKM) which has been set at 75. The school is learning outcomes obtained from cycle 1 to cycle 2 have increased. The activities of teachers and students from cycle 1 to cycle 2 undergo a process of improvement in learning. Based on the improvement of learning outcomes and improving the quality of learning, it can be concluded that the principle of nine learning events (nine events of instructions) can improve learning outcomes of English class VIII-2 in junior Putradarma Global School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Khaerudin ; 2). Mulyadi, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:12
Last Modified: 20 May 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28504

Actions (login required)

View Item View Item