MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN KOSAKATA ACTIVITY DAILY LIVING PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME

DHITA WINDASARI, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN KOSAKATA ACTIVITY DAILY LIVING PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. BAB. II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
8. BAB. I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
10. BAB. III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18kB)
[img] Text
11. BAB. IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
12. BAB. V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengucapan kosakata pada peserta didik dengan autisme melalui penggunaan media kartu bergambar. Sampel dalam penelitian ini adalah seorang peserta ddik dengan autisme berusia 9 tahun di SLB Pelita Hati Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian subyek tunggal dengan desain AB- A. Teknik pengumpulan dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengucapan kosakata pada peserta didik dengan autisme dapat meningkat melalui penggunaan media kartu bergambar. Penggunaan media kartu bergambar ini berdampak positif pada kemampuan peserta didik dengan autisme dalam menyatakan keinginannya melalui bicara menggunakan kosakata Activity Daily Living. Oleh sebab itu, guru dan orang tua dapat mengaplikasikan media kartu bergambar pada kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. This research aims to improve the vocabulary pronunciation skills of learners with autism through the usage of a picture card media. The study sample is a 9 year-old learners with autism from SLB Pelita Hati, East Jakarta. The method used is a single subject research method with an A-B-A design. Data Collection was completed through observation and documentation. Data Analysis was completed by using visual analysis of the conditions. The results of the study show that vocabulary pronunciation skills may improve through the usage of a picture card media. The usage of a picture card media has a positive effect on the capabilities of learners with autism in stating their desires through the usage of Daily Living Activity vocabulary. Thus, teachers and parents may apply picture card media on learning activities at school or at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mohammad Arief Taboer, M.Pd ; 2). Dra. Wuryani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 06:46
Last Modified: 20 May 2022 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28520

Actions (login required)

View Item View Item