MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE MIND MAP BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB B BUDI DAYA JAKARTA TIMUR

DIAH PUDJI UTAMI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE MIND MAP BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB B BUDI DAYA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (130kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (134kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN-LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
12.BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik tunarungu kelas IV dengan menggunakan metode mind map. Subjek dalam penelitian ini yaitu lima orang peserta didik tunarungu yang terdiri dari 1 orang peserta didik laki-laki dan 4 orang peserta didik perempuan di dalam satu kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dan desain yang digunakan dalam penelitian ini desain Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik evaluasi dan observasi yang kemudian di analisis serta di interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kemampuan awal yang dilaksanakan mendapatkan hasil sebanyak 40% dan pada siklus I mulai naik menjadi 54% lalu pada siklus II sebanyak 78%. Hal ini menunjukkan bahwa metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik tunarungu kelas IV di SLB B Budi Daya Jakarta Timur, sehingga metode mind map dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA maupun mata pelajaran lainnya. ********** This study aims to determine the improvement of science learning outcomes in students with hearing impairment in fourth grade using the mind map methods. The subjects of this study are five hearing impairement students in one class. Methods used in this study is action research methods and designs used in this study is Kemmis and Mc Taggart cycles. Data collection is done by using the techniques of evaluation and observation that later being analyzed and interpreted. The study results shows prestest gained 40% and first cycle gained 54% and second cycle gained 78%. The results showed that the method of mind mapping can improve learning outcomes of science on hearing impairement students in fourth grade at SLB B Budi Daya Jakarta Timur, so the mind map methods can be used as an alternative in improving science learning outcomes and other subjects

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. ; 2). Drs. Nirsantono Hasnul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:03
Last Modified: 20 May 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item View Item