HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEBUN SEKOLAH DENGAN SIKAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH

LENNY PRASTIWI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEBUN SEKOLAH DENGAN SIKAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. BAB I-III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
1.Cover.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (137kB)
[img] Text
10. Lampiran 5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
6. BAB IV-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Lampiran 1-2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. Lampiran 4.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. Lampiran 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
11. Lampiran 6-13.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Kebun sekolah merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan siswa dengan pendidikan lingkungan. Pendidikan lingkungan melalui kebun sekolah dapat membentuk persepsi siswa sehingga membantu siswa mengembangkan sikap pengelolaan lingkungan sekolah yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kebun sekolah dengan sikap pengelolaan lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 di SMAN 4 Tangerang dan SMAN 5 Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sebanyak 214 siswa kelas XI yang sudah pernah menggunakan kebun sekolah sebagai sarana belajar. Hasil uji prasyarat analisis yaitu data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Model regresi yang didapat adalah Ŷ = = 19,41 + 0,672X. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,715 yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kebun sekolah dengan sikap pengelolaan lingkungan sekolah. Koefisien determinasi yaitu sebesar 51,1%. Hal tersebut dapat diartikan bahwa persepsi siswa tentang kebun sekolah memberikan kontribusi sebesar 51,1% terhadap sikap pengelolaan lingkungan sekolah. ********** School garden is one of learning sources to introduce students with environmental education. Environmental education through school garden can form a students’ perception that helps to develop a good atittude of school environmental management. The aim of this study was to find out the correlation between students' perception about school garden with the attitude of school environmental management. This study was conducted in May 2015 at SMAN 4 Tangerang and SMAN 5 Tangerang. This study used quantitative method through correlational studies. Sampling was done by simple random sampling used 214 students of class XI who had been using school garden as a learning sources. The analysis prerequisite test results are normally distributed and homogeneous data. The regression models was Ŷ = 19.41 + 0,672X, and the correlation coefficient was 0.715 which means there was positive correlation between students' perception about the school garden with the attitude of school environmental management. The coefficient of determination was 51.1%. It can be interpreted that students’ perception about school garden contributed 51.1% to the attitude of school environmental management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Agung Sedayu, S.Si, M.Sc.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:37
Last Modified: 23 May 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item