PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BACA KATAKAN” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI CENGKARENG JAKARTA BARAT

FANI LASTIANTI TIARASARI, . (2015) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BACA KATAKAN” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI CENGKARENG JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3- ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4- ABTRACT.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7- MOTTO.pdf

Download (103kB)
[img] Text
8- LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
9- DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
14- BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
15- BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
18- BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
19- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
16- BAB III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
17- BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20- DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
1- HALAMAN JUDUL.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, Jakarta Barat melalui penggunaan metode permainan bahasa Baca Katakan. Penelitian dilaksanakan di SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, Jakarta Barat yang beralamat di Jalan Komplek Departemen Agama Kalimati RT 007/03 Kelurahan Kedaung Kaliangke, Cengkareng, Jakarta Barat pada semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah siswa 44 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penggunaan metode permainan bahasa Baca Katakan. Persentase keterampilan membaca pemahaman pada siklus I adalah 55%. Pada siklus II presentase ini meningkat menjadi 89%. Peningkatan tersebut sejalan dengan adanya peningkatan pada efektivitas pembelajaran melalui penggunaan metode permainan bahasa Baca Katakan. Berdasarkan hasil pemantau tindakan yang dilakukan selama proses pembelajaran, persentase pada siklus I adalah 50% pada pertemuan pertama, 63% pada pertemuan kedua, dan 77% pada pertemuan ketiga. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% pada pertemuan pertama, 93% pada pertemuan kedua, dan 100% pada pertemuan ketiga. Dengan demikian pembelajaran melalui penggunaan metode permainan bahasa Baca Katakan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan metode permainan bahasa Baca Katakan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, Jakarta Barat. ********* *The purpose of this research is to improve reading comprehension skill of fourth grade students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, West Jakarta through the methods of the using language. The research was conducted at SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, West Jakarta which located at Jalan Komplek Departemen Agama Kalimati RT 007/03 Kelurahan Kedaung Kaliangke, Cengkareng, West Jakarta on the second semester of academic year 2014-2015 with the research of fourth grade student for forty four students in class. This classroom research conducted using the cycle model of Kemmis and Taggart through the stages of planning, action, observing, and reflecting. The data collected from observation sheets and documentation. The research pursued in two cycles. Each cycle consisted of three meetings. The result obtained from this research is the increased of student’s reading comprehension skill using the games methods of the using language. The percentage for reading comprehension skill in the first cycle is 55% and the second cycle, the percentage increased up to 89%. The increased was in line with increasing of the effectiveness learning through using the games methods of the using language. Based on the monitoring results of the actions which taken during the learning processes, the percentage of the first cycle was 50% on the first meeting, 77% on the second meeting, and 90% on the third meeting. On the second cycle increased up to 90% for the first meeting, 93% for the second meeting, and 100% for the third meeting. After all, learning through using the game methods of the using language increase the understanding of student’s reading comprehension skill. The implications of the research result of using the game methods of the using language can improve reading comprehension skill for the fourth grade students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir S., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 02:28
Last Modified: 24 May 2022 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item