PENGARUH STRATEGI SINEKTIK MODEL GORDON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 228 JAKARTA

Muhammad Bagya, . (2012) PENGARUH STRATEGI SINEKTIK MODEL GORDON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 228 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Judul.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (47kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (32kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Dokumentasi.pdf

Download (936kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN2.pdf

Download (51kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (60kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi sinektik model Gordon terhadap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Strategi ini digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis naskah drama yang dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest dua kelompok. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 228 Jakarta. Pengambilan sampel peneliti dilakukan secara acak untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Satu kelas terdiri dari 30 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan strategi sinektik model Gordon, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan strategi sinektik model Gordon. Kedua kelompok diukur untuk memastikan apakah strategi sinektik model Gordon dapat memberikan pengaruh dibandingkan dengan yang tidak menggunakan strategi sinektik model Gordon. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan menulis naskah drama. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas, digunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan diperoleh Lo untuk sampel siswa kelas eksperimen 0,0843 dan Lo untuk sampel kelas kontrol sebesar 0,1532. Adapun Lt yang didapat sebesar 0,161 pada taraf signifiansi 0,05. Dengan demikian, sampel penelitian ini berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, digunakan uji Bartlett. Variansi gabungan dari semua sampel sebesar 25,045 dengan harga satuan B = 81,12 dan hasil uji Barlett untuk X² = 5,17. Kedua nilai tersebut homogen apabila X² hitung lebih kecil daripada X²tabel. Dari hasil perhitungan diperoleh X² hitung sebesar 5,17, sedangkan X²tabel sebesar 42,6 dengan derajat kebebasan (dk) = (N-1) = 30 – 1 = 29, dan taraf signifikan 1-α = 0,95. Maka diperoleh X² hitung = 5,17 lebih kecil daripada X²tabel = 42,6. Data tersebut = homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan uji – t. berdasarkan perhitungan dilihat thitung = 2,68 dan ttabel = 1,67 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh strategi sinektik model Gordon terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas VIII SMPN 228 Jakarta Pusat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum ; 2). Dr. Endry Boeriswati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 16 Oct 2019 14:13
Last Modified: 16 Oct 2019 14:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item