MEI ANDRIANA, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar surat pernyataan keaslian skripsi.pdf Download (424kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (120kB) |
|
Text
3. Lembar abstrak.pdf Download (128kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (623kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
6. Lembar daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf Download (118kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (415kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
12. Daftar pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (138kB) |
|
Text
5. Lembar kata pengantar.pdf Download (135kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cililitan 02 Pagi Jakarta Timur sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=4,0632 dan ttabel=1,67 pada dk= 58 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saitifik dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang pendekatan dan metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD. ******* This experiment was intended to find the effect of scientific approach on mathematics connection ability of 5th grade students’ primary school. Sample of experiment was 60 students State rimary School Cililitan 02 Pagi East Jakarta. Sample choosen by cluster random sampling technique. Data were collected throught essay test and analyzed by t-test. Based on the t-test calculation it’s known that value for tcount= 4.0632 and ttabel= 1.67 on df= 58 dan degree of signification 0.05, therefore Ha accepted and H0 rejected. The results of the research showed that scientific approach give positive influenced on mathematics connection ability of 5th grade students. The implication of the research is teachers have to design variative and suitable method and media with the subject to develop mathematics connection between mathematics concept and another subject matter and mathematics in reality of 5th grade students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Drs. Endang Wahyudiana |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 07:02 |
Last Modified: | 25 May 2022 07:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28838 |
Actions (login required)
View Item |