ANALISIS GEOMETRI PELURU SENAPAN ANGIN TERHADAP NILAI DRAG COEFFICIENT PADA KECEPATAN 304,8 m/s

MUHAMAD AL AFIF DZAKY, . (2017) ANALISIS GEOMETRI PELURU SENAPAN ANGIN TERHADAP NILAI DRAG COEFFICIENT PADA KECEPATAN 304,8 m/s. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3.HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4.ABSTRAK English.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7.DAFTAR TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8.BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9.BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
10.BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12.BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
14.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai drag coefficient dari peluru senapan angin dengan menggunakan software Ansys Fluent 15.0 dan untuk mengetahui pengaruh distribusi tekanan, kecepatan, dan pathline velocity terhadap nilai drag coefficient. Penelitian dilakukan dengan menggunakan peluru senapan angin dengan bentuk kepala field point, flat nosed dan round head dengan variasi bentuk badan skirt dan lurus. Percobaan diawali dengan pembuatan setiap model geometri peluru senapan angin dan membuat daerah simulasi berbentuk kubus dengan panjang sisinya sebesar 30 mm dengan menggunakan software ansys 15.0, setelah itu dilakukan meshing menggunakan metode tetrahedron dan proses hasil perhitungan yang dilakukan software Ansys. Ada pun penelitian yang akan dilakukan dengan menggunakan simulasi 3D pada ansys fluent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disetiap bentuk kepala peluru dan variasi badannya mengalami kecepatan dan tekanan yang berbeda dan menghasilkan gaya yang berbeda, drag coefficient yang terbesar dialami oleh bentuk kepala peluru flat nosed dan yang terendah dialami oleh bentuk kepala peluru round head dapat diketahui bawah, dengan bentuk kepala yang lebih luas menghasilkan tekanan udara yang besar pada ujung kepala peluru, perbedaan tekanan pada bagian depan dan belakang peluru yang besar menghasilkan nilai drag coefficient yang besar.Hasil dari simulasi mendapatkan nilai drag coefficient pada peluru filed point skirt sebesar 0.5219, field point lurus sebesar 0.5045, flat nosed skirt sebesar 0.5943, flat nosed lurus sebesar 0.5773, round head skirt sebesar 0.4313, round head lurus sebesar 0.4232, dengan kecepatan angin sebesar 304,8 m/s. The aim of this research is to know about drag coefficient value from air riffle bullets by using Ansys Fluent software 15.0 and to know about the effect of pressure distribution, speed, and pathline velocity against of drag coffient value. This research was held by used air riffle bullets with a head field point, flat nosed and round head with a variety of body shapes and straight skirt. The experiment started by made each geometry model air riffle bullet and made the simulation area cuboid with a side length of 30 mm by using ANSYS 15.0, after that the meshing is used the tetrahedron and the results of calculations performed Ansys software. There is also research that will be done using 3D simulation in ANSYS fluent. The result showed that every head shape bullets and variations of body experience speeds and pressures are different and produce different style, the drag coefficient of the largest experienced by the head shape of the bullet flat nosed, and the lowest experienced by the head shape bullet round head can be seen below, with shapes head wider generate large air pressure at the head end of the bullet, the pressure difference on the front and rear shells were great produce that showed bigger. The result of drag coefficient value of simulation to get the value of drag coefficient on the bullet point skirt filed at 0.5219, field point straight at 0.5045, flat nosed skirt at 0.5943, flat nosed straight at 0.5773, at 0.4313 skirt round head, round head straight at 0.4232, with a wind speed of 304.8 m / s.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Pratomo Setyadi, S.T, M.T 2) I Wayan Sugita. S.T. M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:46
Last Modified: 26 May 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item