PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE GAME BASED LEARNING (m-GBL) PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN

SEPTI SETIYAWATI, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE GAME BASED LEARNING (m-GBL) PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan skripsi.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan pada perangkat bergerak atau mobile Game Based Learning (m-GBL) pada materi stoikiometri larutan agar materi pembelajarannya mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2014 sampai dengan Desember 2014. Penelitian dilaksakanan di MAN 2 Jakarta dan MAN 3 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Develoopment).Tahapan penelitian terdiri atas analisis kebutuhan, pengembangan produk dan uji coba produk. Hasil analisis kebutuhan menunjukan 90 % siswa setuju untuk menggunakan media pembelajaran mobile Game Based Learning pada materi stoikiometri larutan. Tahap pengembangan produk terdiri atas pembuatan skenario isi media, pembuatan alur media serta rancangan media. Tahapan uji coba produk dilakukan kepada ahli media, ahli materi dan bahasa, uji coba guru , dan uji coba siswa (kelompok kecil dan besar). Responden uji coba siswa kelompok kecil berjumlah 25 orang dan responden uji coba siswa kelompok besar sejumlah 52 orang. Hasil uji ahli materi dan bahasa serta ahli media masing-masing memperoleh skor persentase 84,4% dan 70,3%. Hasil uji coba siswa kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing memperoleh skor persentase 78,9% dan 79,2%. Hasil uji coba guru memperoleh skor persentase 85,6%. Kesimpulan yang diperoleh adalah media pembelajaran mobile Game Based Learning pada materi stoikiometri larutan telah berhasil dikembangkan dan memenuhi kebutuhan guru dan siswa dengan hasil interpretasi baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ucu Cahyana, M.Si. ; 2). Arif Rahman, M.Sc.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 06:33
Last Modified: 27 May 2022 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item