PEMASANGAN MAHASISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BAHASA UNTUK MEMPERSIAPKAN PRESENTASI DALAM MATA KULIAH ENGLISH FOR SOCIAL COMMUNICATION

MARIA VERONICA, . (2017) PEMASANGAN MAHASISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BAHASA UNTUK MEMPERSIAPKAN PRESENTASI DALAM MATA KULIAH ENGLISH FOR SOCIAL COMMUNICATION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (232kB)
[img] Text
14. CHAPTER V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
10. CHAPTER I.pdf

Download (0B)
[img] Text
12. CHAPTER III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
11. CHAPTER II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
13. CHAPTER IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
17. BIODATA PENULIS.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hasil dari pemasangan mahasiswa berdasarkan kemampuan bahasa terhadap produksi bahasa mereka dalam tugas mata kuliah English for Social Communication di Jurusan Bahasa Inggris salah satu universitas negeri di Jakarta. Analisis data melihat pada Language Related Episodes (LREs) mahasiswa yang didapatkan melalui transkrip suara. Peserta dalam penelitian ini adalah delapan belas mahasiswa. Mereka adalah mahasiswa tingkat dua pada tahun pertama kuliah dan dibagi menjadi sembilan pasang berdasarkan hasil TOEP mereka. Hasil dari penelitian ini adalah jika mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang rendah dipasangkan dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan yang sama, mereka cenderung memproduksi penggunaan dan pergantian bahasa asing (bahasa inggris) dibandingkan jika berpasangan dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan bahasa yang lebih tinggi. Hal ini berarti, jika mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang rendah bekerja sama, mereka mempraktekan lebih banyak bahasa asing dibandingkan jika berpasangan dengan mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang lebih tinggi. The purpose of the study was to investigate the result of proficiency pairing on students’ language production in language task in English for Social Communication course in English Department at one of state university in Jakarta. Data analyis was conducted through a close observation on students’ Language Related Episodes (LREs) obtained from the audio transcriptions. Participants of this study were eighteen students taking English for Social Communication course. All students were in the second semester of their first year at university and was divided into nine pairs based on their TOEP scores. The study found that if low proficiency learners worked together with fellow low proficiency learners, they tended to produced more L2 turns and L2 words rather than the low proficiency learners who paired with high proficiency learners. This means, if lower proficiency learners worked together, they practice more L2 than if they worked with higher proficiency learner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Lasito, M.App.Ling
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 May 2022 07:47
Last Modified: 27 May 2022 07:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item View Item