MARIA VERONICA, . (2017) PEMASANGAN MAHASISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN BAHASA UNTUK MEMPERSIAPKAN PRESENTASI DALAM MATA KULIAH ENGLISH FOR SOCIAL COMMUNICATION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (311kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (484kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (239kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (342kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (232kB) |
|
Text
14. CHAPTER V.pdf Download (239kB) |
|
Text
10. CHAPTER I.pdf Download (0B) |
|
Text
12. CHAPTER III.pdf Download (392kB) |
|
Text
11. CHAPTER II.pdf Download (271kB) |
|
Text
13. CHAPTER IV.pdf Download (366kB) |
|
Text
17. BIODATA PENULIS.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hasil dari pemasangan mahasiswa berdasarkan kemampuan bahasa terhadap produksi bahasa mereka dalam tugas mata kuliah English for Social Communication di Jurusan Bahasa Inggris salah satu universitas negeri di Jakarta. Analisis data melihat pada Language Related Episodes (LREs) mahasiswa yang didapatkan melalui transkrip suara. Peserta dalam penelitian ini adalah delapan belas mahasiswa. Mereka adalah mahasiswa tingkat dua pada tahun pertama kuliah dan dibagi menjadi sembilan pasang berdasarkan hasil TOEP mereka. Hasil dari penelitian ini adalah jika mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang rendah dipasangkan dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan yang sama, mereka cenderung memproduksi penggunaan dan pergantian bahasa asing (bahasa inggris) dibandingkan jika berpasangan dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan bahasa yang lebih tinggi. Hal ini berarti, jika mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang rendah bekerja sama, mereka mempraktekan lebih banyak bahasa asing dibandingkan jika berpasangan dengan mahasiswa dengan tingkat kemampuan bahasa yang lebih tinggi. The purpose of the study was to investigate the result of proficiency pairing on students’ language production in language task in English for Social Communication course in English Department at one of state university in Jakarta. Data analyis was conducted through a close observation on students’ Language Related Episodes (LREs) obtained from the audio transcriptions. Participants of this study were eighteen students taking English for Social Communication course. All students were in the second semester of their first year at university and was divided into nine pairs based on their TOEP scores. The study found that if low proficiency learners worked together with fellow low proficiency learners, they tended to produced more L2 turns and L2 words rather than the low proficiency learners who paired with high proficiency learners. This means, if lower proficiency learners worked together, they practice more L2 than if they worked with higher proficiency learner.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Lasito, M.App.Ling |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:47 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29270 |
Actions (login required)
View Item |