UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN PEMBERIAN KARTU SKOR PARTISIPASI SISWA (KSPS) DI KELAS VIII-A SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN

NITA AGUSTIN, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN PEMBERIAN KARTU SKOR PARTISIPASI SISWA (KSPS) DI KELAS VIII-A SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun dengan menggunakan metode pembelajaran ICM dengan pemberian KSPS pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan obervasi awal yang dilakukan serta pemberian angket minat belajar matematika siswa yang sudah divalidasi sebelumnya, dapat diketahui bahwa minat belajar matematika siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang dipilih dari 35 siswa kelas VIII-A SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar angket minat belajar matematika siswa, lembar observasi minat belajar matematika siswa, kartu skor partisipasi siswa, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga siklus, dimana siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua dan ketiga terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan triangulasi data. Lembar angket dan observasi minat belajar matematika divalidasi dengan menggunakan validasi konstruk. Uji reliabilitas lembar angket dilakukan dengan metode Alpha Croanbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran ICM dengan pemberian KSPS dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil angket minat belajar matematika siswa, diperoleh presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 58,189% dengan kategori “sedang”. Hasil ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa sebesar 70,123% dengan kategori “tinggi”. Pada siklus terakhir yaitu siklus III, presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa sebesar 71,65% dengan kategori “tinggi” pada tahap siklus III. Berdasarkan hasil lembar observasi minat belajar matematika siswa, diperoleh presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa pada siklus I 31,111% dengan kategori “cukup baik”. Hasil ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa sebesar 33,889% dengan kategori “baik”. Pada siklus terakhir yaitu siklus III, presentase rata-rata skor minat belajar matematika siswa sebesar 35% dengan kategori “baik” pada siklus III.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratnaningsih, M.Si. ; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 05:59
Last Modified: 30 May 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item