LILIS FITRIANI, . (2015) PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI SISWA KELAS III SDS 17 AGUSTUS TEBET JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (249kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (26kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (241kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (180kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (488kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (751kB) |
|
Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (205kB) |
|
Text
Lampiran 9 (instrumen ahli materi).pdf Download (246kB) |
|
Text
lampiran 8 (instrumen ahli media).pdf Download (247kB) |
|
Text
Lampiran 10 (instrumen ahli komik).pdf Download (247kB) |
|
Text
Lampiran 19 (hasil SPSS).pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran 18 (instrumen uji kemampuan empati siswa).pdf Download (256kB) |
|
Text
Lampiran 17 (instrumen penilaian siswa).pdf Download (195kB) |
|
Text
Lampiran 20 (uji validitas biserial dan uji kesukaran item).pdf Download (817kB) |
|
Text
Lampiran 27 (hasil uji kemampuan empati siswa tahap awal).pdf Download (284kB) |
|
Text
Lampiran 28 (hasil uji kemampuan empati siswa setelah belajar menggunakan komik).pdf Download (290kB) |
|
Text
Lampiran 26 (uji penilaian pengguna).pdf Download (293kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa komik pembelajaran yang berjudul “Ayok! Belajar Berempati Bersama Teman-teman” yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan empati siswa kelas III SDS 17 Agustus Tebet Jakarta Selatan. Pengembangan komik pembelajaran empati dalam penelitian ini dirancang berdasarkan pemahaman tentang teori empati dari Norma Deitch Feshbach dalam jurnal ilmiahnya tentang perilaku berempati pada anak-anak “Studies of Empathic Behavior in Children” yang meliputi aspek afektif dan kognitif dalam empati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan teknik analisis data kuantitatif teknik statistik deskriptif, melalui pendekatan model pengembangan yang berorientasi pada hasil model pengembangan Baker and Schutz, dengan tahap penelitian: (1) analisis kebutuhan, (2) spesifikasi pembelajaran, (3) menyusun kisi-kisi instrumen, (4) pengembangan produk (komik), (5) uji coba produk, (6) revisi produk, (7) mengenalisis seluruh proses pengembangan dari awal hingga akhir. Penelitian ini menghasilkan sebuah komik pembelajaran empati berjudul “Ayok! Belajar Berempati Bersama Teman-teman” yang terdiri dari dua bagian yaitu komik anak dan komik untuk pembimbing, dengan kelayakan sangat tinggi yang diperoleh berdasarkan hasil review ahli sebesar 83,8%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa komik ini memberikan peningkatan kemampuan empati pada siswa sebesar 25,74%. Implikasi dari penelitian ini diketahui bahwa bila kemampuan empati anak tidak dikembangkan sejak dini, anak dapat tumbuh menjadi seseorang yang tidak mampu memahami orang lain, bersikap semena-mena yang dapat merugikan orang lain, hingga membuatnya terisolir. ********** *The purpose of this research is to develop a learning media in form learning comic titled “Ayok! Belajar Berempati Bersama Teman-teman” that useful to help increasing empathy ability of student III grader elementary school 17 Agustus Tebet, South Jakarta. This development of Empathy Learning Comic is planned based on the comprehension about theory of empathy from scientific journal by Norma Deitch Feshbach “Studies of empathic behavior in children” that involve afektive and cognitive components in empathy. Research method that used in this research is Research and Development (R&D) with statistic descriptive quantitative data analysis technique, by approaching development model by Baker and Schutz. According to it, there were several research stages: (1) formulation, (2) instructional specification, (3) prototype item tryout, (4) product development, (5) product tryout, (6) product revision, (7) operation analysis. This study produced an empathyc learning comics titled “ Ayok! Belajar Berempati Bersama Teman-teman ”. Consist of 2 parts such as children comic and comic as a guidance, with highly recommended by the expert with feasibility level of 83,8%. According to the trial limit of result, it stated that this comics could increase the ability of empathyness of the students by 25,74%. The implication of this study told that if the ability of childrens empathyness failed to developed earlier, would cost him become some arrogant person, unsensitively person, and finally abandoned by his communities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Retty Filiani ; 2). Happy Karlina Marjo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 06:11 |
Last Modified: | 31 May 2022 06:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29501 |
Actions (login required)
View Item |