LUTFATUL AZIZAH, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas Di SDN Cengkareng Timur 14 Pagi Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB II.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA melalui metode guided discovery siswa kelas IV di SDN Cengkareng Timur 14 Pagi Jakarta Barat. Penelitian dilakukan di SDN Cengkareng Timur 14 Pagi Jakarta Barat, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian yang diperoleh dalam siklus I menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 61%, siklus II 76% dan siklus III 85%. Adapun penerapan metode guided discovery dalam siklus I sebesar 77,5%, siklus II 85%, dan siklus III 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kelas IV SDN Cengkareng Timur 14 Pagi Jakarta Barat. Implikasi hasil penelitian yaitu bahwa metode guided discovery dapat dijadikan sebagai salah satu strategi belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuannya berpikir kritis. ***** The purpose of this research is to improve critical thinking skills in science learning through guided discovery method of fourth grade students at SDN Cengkareng Timur 14 Pagi West Jakarta.The study was conducted at SDN Cengkareng Timur 14 Pagi West Jakarta, with fourth grade students study subjects totaling 41 students the second semester of the school year 2014/2015. The method used is a Class Action Research model of Kemmis and Mc. Taggart.The results obtained in the first cycle shows the critical thinking skills of students by 61%, 76% second cycle and third cycle 85%. The application of guided discovery method in the first cycle of 77.5%, 85% second cycle and third cycle of 100%. Based on these results we can conclude that the method of guided discovery in science teaching can improve critical thinking skills in class IV SDN Cengkareng Timur 14 Pagi West Jakarta. The implication of this research is that the method of guided discovery can be used as a learning strategy to increase students' skills in critical thinking abilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sutrisno, M.Si. ; 2). Dra. Edwita, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 23:33 |
Last Modified: | 31 May 2022 23:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29564 |
Actions (login required)
View Item |