UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KARTU BERGAMBAR (Penelitian Tindakan di TK Islam Al Istiqomah, Jakarta Timur)

NILA HAYATI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KARTU BERGAMBAR (Penelitian Tindakan di TK Islam Al Istiqomah, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (660kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (300kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan bermain kartu bergambar. penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al Istiqomah, Pisangan Timur. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas B2 yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan kegiatan bermain kartu bergambar menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 62% dan siklus II mencapai 79%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B2 TK Islam Al Istiqomah, Pisangan Timur. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Anak dapat mengenal huruf, membaca gambar, menghubungkan kata dengan gambar dan menghubungkan kata dengan benda. Peningkatan tersebut dikatakan signifikan. Kegiatan bermain kartu bergambar dapat membuat anak mengenal huruf melalui gambar dan mengajak anak untuk berlatih gemar membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R. Sri Martini Maelanie, M.Pd. ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:01
Last Modified: 02 Jun 2022 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29599

Actions (login required)

View Item View Item