SHINTA BODROWATI KUSUMADEWI, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MENGGAMBAR DALAM ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMOSI POSITIF PADA SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (295kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (104kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (0B) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (572kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (218kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (400kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (144kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik menggambar dalam art theraphy untuk meningkatkan emosi positif pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non equivalent group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ujicoba instrumen dilakukan terhadap 84 responden. Pengujian perhitungan validitas instrumen diolah dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil perhitungan validitas diperoleh 74 butir item valid dan 10 butir item tidak valid, sedangkan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha menunjukkan 0.741 yang berarti instrumen termasuk dalam kategori reliabel. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows yang menunjukan bahwa nilai Asymp. sig sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Skor rata-rata peningkatan emosi positif siswa yang mendapatkan perlakuan berupa art therapy dengan teknik menggambar lebih tinggi yaitu 10,58 berbanding dengan -1,35 skor rata-rata emosi positif siswa yang tidak mendapatkan perlakuan berupa art therapy dengan teknik menggambar. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan art therapy dengan teknik menggambar dapat meningkatkan emosi positif siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bekasi, sehingga art therapy dengan teknik menggambar merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat digunakan untuk menangani siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bekasi yang mengalami masalah memiliki emosi positif rendah. ********* The purpose of this research was to obtain empirical data about the effect of using drawing techniques in order to increase the positive emotions on 7th grade students in SMP Negeri 4 Bekasi. The method used was quasi-experimental with pretest-posttest non equivalent group design. Samples taken in this research was using purposive sampling technique. Instrument testing was conducted on 84 respondents. Testing the validity of the instrument calculation was processed using SPSS (Statistical Product and Service Solution). The result of validity calculation pronounced that 74 grains of item were valid and 10 grains of item were not, whereas the reliability of the instrument was calculated using the Alpha formula indicated 0.741 which mean the instrument was included into reliable category. Data analysis technique intended to hypothesis was using Mann Whitney U-Test. The result of hypothesis testing was executed with the help of SPSS 20.0 for windows program which was indicated that the Asymp. sig point of 0,000, which mean smaller than significant value α 0,05, so that it can be concluded that H0 was rejected and H1 was accepted, because the average score of the increasing of students positive emotion whose got the art therapy treatment was higher, that is the score of 10,58 compared to the average score of -1,35 from the students whose did not get the art therapy treatment. The conclusion based on this studies, the using of art therapy with drawing techniques can increase the positive emotions of 7th grade students in SMP Negeri 4 Bekasi, so that art therapy by using drawing techniques could be one form of intervention that can be used to handle some of 7th grade students in SMP Negeri 4 Bekasi whose had low positive emotions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. ; 2). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29735 |
Actions (login required)
View Item |