OKTAVIATUN KUSUMARANI, . (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KITS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK TAMAN PENDIDIKAN KENCANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3.Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
Text
2.Lembar Persetujuan.pdf Download (731kB) |
|
Text
1.Cover Skripsi.pdf Download (28kB) |
|
Text
5.Kata Pengantar.pdf Download (90kB) |
|
Text
9.BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
10.BAB IV.pdf Download (397kB) |
|
Text
8.BAB II.pdf Download (691kB) |
|
Text
7.BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
6.DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
|
Text
12.Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
|
Text
14.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan multimedia kits berupa puzzle huruf, teka-teki silang dan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa kelompok B Taman Kanak-kanak. Berdasarkan tujuannya, pengembangan ini dapat dikategorikan sebagai penelitian pengembangan karya inovatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Nama produk dari penelitian pengembangan ini adalah “Asyiknya… Mengenal Bagian-bagian Tubuh Manusia”. Multimedia kits digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa Kelompok B Taman Kanak-kanak Taman Pendidikan Kencana. Evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif dan sumatif. Pada penelitian pengembangan ini ada tiga tahapan dalam melakukan proses evaluasi yaitu one to one, small group dan fieldtest. Evaluasi tersebut melibatkan 2 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli desain pembelajaran, dan 17 pengguna. Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata keseluruhan pada evaluasi ahli dengan nilai 3,68. Dan pada tahap evaluasi sumatif terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 2,0. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Kits ini telah teruji efektifitas dan layak untuk terus digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa Kelompok B Taman Kanak-kanak Taman Pendidikan Kencana ********** This developmental research is aimed to produce multimedia kits in the form of alphabetical puzzle, crossword puzzle, and audiovisual media for increasing language ability student of group B kindergarten. According to its aim, this development can be categorized as developmental research of innovative work. The developmental research refers to ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) developmental model. Name of the product of this developmental research is “It is so Fun… to Know the Parts of the Human Body”. Multimedia kits are utilized to enhance language ability of student of group B kindergarten in Kencana Kindergarten. The evaluation that used in this developmental research is formative and summative evaluation approach. There are three stages evaluation in this developmental research; they are one to one, small group, and field test. The evaluation involves 1 matter experts, 1 media expert, 1 instructional design expert, and 17 users. The test result obtained from the overall average of 3,68. And in the summative evaluation stage, the increasing of learning result of students happens as big as 2,0. Based on those data, researcher can conclude that Multimedia Kits has been tested effectively and worth to be continuously used as instructional media for students of group B kindergarten in Kencana Kindergarten
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, M.Si. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 05:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 05:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29743 |
Actions (login required)
View Item |