PENGARUH TEKNIK MENGKLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) MELALUI LAYANAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa Pendidikan Khusus 2014)

PUTRI MAHARNOVITASARI, . (2015) PENGARUH TEKNIK MENGKLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) MELALUI LAYANAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa Pendidikan Khusus 2014). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (561kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Teknik Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap sikap dan kebiasaan belajar pada mahasiswa Pendidikan Khusus 2014, Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Sampel berjumlah tiga puluh lima orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen sikap dan kebiasaan belajar dengan skala likert, menghitung validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment yang menghasilkan 88 item valid dan 12 item drop. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach meghasilkan nilai realibitas 0,938 menunjukkan bahwa reliabilitas sangat tinggi yang artinya instrumen akan memperoleh hasil yang sama bila digunakan lagi di kesempatan lain. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Independent Sample t-test. Uji hipotesis menyatakan Ho ditolak bila nilai asymp. Sig < 0,005 (1-tailed). Berdasarkan hasil uji analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh Teknik Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap peningkatan sikap dan kebiasaan belajar mahasiswa Pendidikan Khusus 2014 *********** The purpose of this study was to examine the effect of Value Clarification Technique through psychoeducational group to the significance of study habits and attitudes in Special Education Student, State University of Jakarta 2014. Researcher used quasi-experiment with pretest-posttest nonequivalent group design as method of this research. In choosing sample, researcher used cluster sampling technique with 35 people as a sample. Data collection was done by using Survey of Study Habits and Attitudes. The instrument validity was counted by using Pearson Product Moment showed 88 valid questions and 12 drop questions. The instrument reliability was counted by using Alpha Cronbach showed this instrument have a very high reliability at 0,938, it means that the instrument will got the same result if it was reused in another occasion. Data analysis was done by using Independent Sample t-test. The null hypotheses were rejected if Asymp Sig < 0,05 (1-tailed). The Result indicated Value Clarification Technique through Psychoeducational Group have significant effect on the Student’s Study Habits and Attitudes in Special Education, State University of Jakarta 2014

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Fahnfi ldris, MM. ; 2). Eka Wahyuni S.Pd. M.A.A.P.D
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:03
Last Modified: 06 Jun 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29772

Actions (login required)

View Item View Item