PUTRI MARSTIANA, . (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN BINTARA II BEKASI BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (677kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (586kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (85kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (262kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (302kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Download (96kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (302kB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (85kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik di SDN Bintara II Bekasi Barat, yang meliputi langkah persiapan, langkah pelaksanaan, dan tindak lanjut. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya untuk mendeskripsikan apa adanya tentang suatu gejala, variabel, atau keadaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Bintara II Bekasi Barat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel bertujuan. Instrumen dan pedoman yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner atau angket, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk persentase dan analisis dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum siswa dan guru SDN Bintara II Bekasi Barat telah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar harus lebih dioptimalkan lagi dengan melakukan prosedur pemanfaatan yang benar, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran The purpose of this research was to describe how utilization of setting as a learning resources in thematic learning, which includes the preparation, implementation, and follow up. This research was not intended to test a hypothesis, but only to describe what it is about symptom, variables, or condition. This research is a qualitative research with the survey approach. The population of this research are all student at SDN Bintara II Bekasi Barat. Samples were taken by using purposive sampling technique. Instrument and guidelines used in this research are questionners, interviews, and observation. Data obtained are described in a percentage and narrative analysis. The results of this research indicate students and teachers have taken advantage of setting as a source of learning. Utilization of setting as learning resources should be optimized further by making use of the correct procedure, in order to improve student learning outcomes and learning goals
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Mulyadi, M.Pd ; 2). Drs. Zuhdy Hasibuan, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 02:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29774 |
Actions (login required)
View Item |