PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDS AMALIAH CIAWI BOGOR

ERLINA, . (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDS AMALIAH CIAWI BOGOR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 1-5_Tesis_Erlina.pdf

Download (986kB)
[img] Text
Cover.lampiran_Erlina.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Cover_Tesis_Erlina.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Abstrak_English_Erlina.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Abstrak_Indonesia_Erlina.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar.isi_Erlina.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Kata.pengantar_Erlina.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Surat.pernyataan_Erlina.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Ringkasan_ Erlina.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Riwayat.hidup_Erlina.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Lembar.revisi.sidang.Yudisium_Erlina.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari fakta tentang pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar PKn di kelas V Sekolah Dasar Amaliah. Metode yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen menggunakan metode dengan tingkat 2 x 2 dengan analisis pengujian ANAVA. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok belajar dengan metode pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memberikan efek yang lebih baik daripada metode pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada hasil belajar PKn. (2) Ada interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan sosial terhadap hasil PKn di kelas lima. (3) Siswa yang memiliki kecerdasan sosial tinggi, metode pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memberikan efek yang lebih baik daripada kelompok belajar yang menggunakan metode Berbasis Masalah (PBL). (4) Untuk siswa yang memiliki kecerdasan sosial yang rendah, metode pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) memberikan efek yang lebih baik daripada kelompok dengan metode pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dan kecerdasan sosial berpengaruh pada hasil belajar. The research aims to abtain facts about the influence of learning method and social intelligence to the learning outcomes of Civics in fifth grade of Amaliah Elementary School. The method used was experimental study design using treatment by level 2 x 2 with analysis testing ANAVA. The study show that : (1) Study groups learning with Project Based Learning (PjBL) method gives a better effect than the method of Problem Based Learning (PBL) learning outcomes Civics. (2) There is an interaction between learning and social intelligence towards Civics outcomes in fifth grade. (3) Student who have a high social intelligence, Project Based Learning (PjBL) method gives a better effect than the group learned than using Problem Based Learning (PBL). (4) For student who have a low social intelligence, Problem Based Learning (PBL) method give a better effect Civics learned outcomes Civics fifth grader than the group with Project Based Learning (PjBL). The implications of this study indicate that the learning methods and social intelligence influence on student learning outcomes Civics.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Theresia K. Brahim.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:29
Last Modified: 10 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item