EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR PROGRAM INDIVIDUAL DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FUTSAL PADA SISWA SMAN 100 JAKARTA TIMUR

FAUZAN AZIMA, . (2016) EFEKTIFITAS GAYA MENGAJAR PROGRAM INDIVIDUAL DAN RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING FUTSAL PADA SISWA SMAN 100 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text
cover SKRIPSI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara gaya mengajar program individual dengan gaya mengajar program resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal pada siswa futsal SMAN 100 Jakarta Timur. Penelitian ini dimulai pada tanggal 13 Juni dan selesai pada tanggal 16 Juni 2016 di lapangan Corner futsal. Lapangan sekolah tidak boleh dipakai karena sedang adanya renovasi lapangan. Pertemuan berlangsung selama 60 menit dengan frekuensi pertemuan setiap hari dalam jangka waktu 4 hari. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan diundi dengan membagi dua kelompok yang berbeda. Kelompok pertama diberi perlakuan dengan pembelajaran gaya mengajar program individual dan kelompok kedua diberi perlakuan pembelajaran gaya mengajar resiprokal. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi 120 orang kemudian di bagi dua kelompok. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik statistik uji t pada taraf signifikan a = 0,05, teknik analisa data yang digunakan adalah uji t dimulai dengan menghitung nilai t hitung untuk membandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikan 5%. Gaya mengajar program individual diperoleh nilai t hitung = 28,35, nilai yang tercantum dalam t tabel dengan sederajat kebebasan (dk) = 15 – 1 = 14, taraf signifikan 5% adalah 2,145, jadi t hitung > t – tabel, berarti ada perubahan yang meyakinkan (signifikan) sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan gaya mengajar program individual. Gaya mengajar resiprokal diperoleh nilai t hitung = 17,44, nilai yang tercantum dalam t tabel dengan derajat kebasan (dk) = 15 – 1= 14, taraf signifikan 5% adalah 2,145, jadi t – hitung > t – tabel, berarti ada perubahan yang meyakinkan (signifikan) sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan gaya mengajar resiprokal. Gaya mengajar program individual dan resiprokal diperoleh t – hitung = 2,64, nilai yang tercantum dalam t – tabel dengan derajat kebebasan (dk) 15 + 15 – 2 = 28, taraf signifikan 5% adalah 2,048, jadi t – hitung > t - tabel. Dengan demikian gaya mengajar program individual lebih efektif dibandingkan dengan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar shooting futsal pada siswa futsal SMAN 100 Jakarta Timur This study aims to determine which is more effective between individual teaching style program with reciprocal teaching style program for learning outcomes on student shooting futsal futsal SMAN 100 East Jakarta. The study began on June 13 and ended on June 16, 2016 in Corner futsal field. Field schools should not be used because it is the renovation field. The meeting lasted for 60 minutes with the frequency of meetings every day in a period of 4 days. This research was conducted with experimental methods and drawn by dividing two different groups. The first group was treated with individualized learning program teaching style and the second group was treated reciprocal teaching and learning styles. The sampling technique by means of random sampling taken as many as 30 people of the total population of 120 people then on the two groups. Statistical analysis techniques used are statistical techniques t test at significance level a = 0.05, data analysis technique used is the t test begins by calculating the t value to compare with the value t table at significant level of 5%. Individual teaching style program obtained value t = 28.35, t values listed in the table with equal freedom (df) = 15-1 = 14, 5% significance level is 2.145, so t count> t - table, meaning no change convincing (significant) before and after the treatment given to the individual program teaching style. Reciprocal teaching style values obtained t = 17.44, values listed in the table with a degree kebasan t (df) = 15-1 = 14, 5% significance level is 2.145, so t - count> t - table, meaning no change convincing (significant) before and after being given treatment with reciprocal teaching style. Teaching style individual program and reciprocal obtained t - count = 2.64, values listed in the t - table with degrees of freedom (df) 15 + 15-2 = 28, 5% significance level is 2.048, so t - count> t - table. Thus the individual program's teaching style is more effective than reciprocal teaching style to the learning outcomes on student shooting futsal futsal SMAN 100 East Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Andri Irawan, M.Pd 2) Drs. Kurnia Tahki, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:30
Last Modified: 13 Jun 2022 08:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30222

Actions (login required)

View Item View Item