VARIASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL JAKARTA TIMUR

HERYANSYAH, . (2017) VARIASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Heriansyah_BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Heriansyah_Bab II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Heriansyah_Bab I.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Heriansyah_Bab IV.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Heriansyah_Bab III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Heriansyah_Lamp 1-2_RPP VOLI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Heriansyah_Dokumentasi.pdf

Download (737kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Ringkasan.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Labschool Rawamangun. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian tindakan ini melibatkan ahli dalam bidang-bidang pendidikan jasmani khususnya cabang bola voli sebagai kolaborator. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimulai pada tanggal 8 Mei 2017 sampai tanggal 15 Mei 2017, dan jadwal mengajar setiap hari Selasa pukul 10.00 WIB. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SMP Labschool Rawamangun untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah 76. Perubahan atau peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan strategi berpasangan dapat dilihat pada hasil penilaian proses passing bawah bola voli. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I memberikan hasil sebagai berikut: 1). Masih banyak siswa yang belum paham akan teknik gerakan passing bawah. 2). Masih banyak siswa yang belum dapat melakukan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Nilai ketuntasan siswa disiklus I mencapai 55%, akan tetapi walaupun sudah 50% lulus masih banyak siswa yang belum mendapatkan nilai di atas dari KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 76. Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II memberikan hasil sebagai berikut: 1). siswa dapat menguasai konsep pembelajaran passing bawah berpasangan permainan bola voli dengan baik dan benar, 2) siswa dapat melakukan tahapan passing bawah bola voli berpasangan dengan benar. 3) seluruh siswa dapat menjelaskan dan mempraktikan cara gerakan passing bawah permainan bola voli dengan benar. Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar menggunakan strategi berpasangan, tes awal nilai rata-rata siswa 67,91, siklus I nilai rata-rata siswa 75,20 dan siklus II nilai rata-rata siswa 86,24. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas sejumlah 9 siswa (22,5%), siklus I siswa yang dinyatakan tuntas 22 siswa (55%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 40 siswa (100%). This study aims to improve or improve student learning outcomes in learning passing under volleyball. This research was conducted at SMP Labschool Rawamangun. The method used is Classroom Action Research method. Implementation of this action research involves experts in the fields of physical education, especially volleyball as a collaborator. The research was conducted in 2 cycles, that is cycle I and cycle II, starting on May 8, 2017 until May 15, 2017, and teaching schedule every Tuesday at 10.00 WIB. Minimum Passing Criteria (KKM) established by SMP Labschool Rawamangun for Physical Education subjects is 76. Changes or improvements in students' ability in passing lessons under volley using paired strategies can be seen in the assessment results of the passing process under volleyball. The first cycle activity realized through action I gives the following results: 1). There are still many students who have not understood the technique of passing down movement. 2). There are still many students who have not been able to do passing down the game volleyball properly. Student completeness score in cycle I reach 55%, but even though already 50% pass still many students who have not got the above value of KKM which determined by the school that is 76 The second cycle activity realized through action II gives the following results: 1). Students can master the concept of passing learning under pairs of volleyball games well and correctly, 2) students can perform passing stages under volleyball in pairs correctly. 3) all students can explain and practice the way of passing motion under the game of volleyball correctly. From the results of this study there is an increase in learning outcomes using paired strategies, the initial test average score of 67,91 students, the cycle I average student score 75.20 and cycle II the average value of students 86.24. For the completeness of the students 'learning achievement, the students' preliminary test declared complete of 9 students (22.5%), the first cycle of students who expressed 22 students (55%), and the second cycle of students who expressed a total of 40 students (100%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Drs. Kurnia Tahki, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:01
Last Modified: 16 Jun 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item View Item