PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI (Penelitian Pengembangan, Kelas 1 SD Kabupaten Tangerang Tahun 2018)

AJIJAH SADIAH NUFUS, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI (Penelitian Pengembangan, Kelas 1 SD Kabupaten Tangerang Tahun 2018). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (19kB)
[img] Text
2. Abstrak - Abstrack.pdf

Download (380kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Komisi pembimbing dipersyratkan untuk yudisium.pdf

Download (835kB)
[img] Text
4. Lembar Persetujuan Perbaikan .pdf

Download (952kB)
[img] Text
5. Lembar Perbaikan Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Lembar Pernyataan.pdf

Download (651kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (5kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, BAGAN, GAMBAR, GRAFIK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
10. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini adalah mendeskripsi karakteristik media puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak pada usia 6-7 tahun di Kabupaten Tangerang, mengembangkan media, dan mendeskripsikan penilaian alhi terhadap media puzzle dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Sumber data pada penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru, anak sekolah dasar kelas 1, dan pakar/ahli. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi menggunakan ceklis. Tekhnik analisis kebutuhan data pada penelitian ini menggunakan kualitatik dan kuantitatif. Hasil pada penelitian ini kegiatan literasi 15 menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat menggunakan media puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 6-7 tahun, dimana konten pada media puzzle ini yaitu (1) ceritap pendek yang berjudul “Hewan Ternakku”, (2) ilustrasi/ gambar da nisi cerita yang ada pada media puzzle sudah tidak awam lagi dengan kehidupan anak, (3) ) ilustrasi/ gambar da nisi cerita yang ada pada media puzzle dapat membuat anak tertarik untuk menggunakan media dan membaca isi cerita, (4) dapat memberikan wawasan yang lebih luas dengan tema yang serupa kepada anak. Kelayakan media puzzle secara empiris maupun teoritik, media di validasi oleh para pakar/ahli ( pakar PAUD, pakar media, pakar literasi) dan analisis fakta terhadap rendahnya kemampuan literasi. Kemudian data di uji t – berpasangan untuk mengetahui terdapat peningkatan kemampuan literasi menggunakan media puzzle. This research is describing the characteristics of media puzzle which aims to improve the literacy skills of children at the age of 6-7 years in Tangerang Regency, developing media, and describing expert’s assessment of media puzzles using the Research and Development (R & D) approach. The sources of data in this study are, principals, teachers, grade 1 elementary school children, and experts / experts. Data collection techniques in this study are observations using checklists. Data needs analysis techniques in this study use qualitative and quantitative. The results of this study literacy activities 15 minutes before Teaching and Learning Activities, can use a media puzzle that aims to improve literacy skills in children aged 6-7 years, where the content in this puzzle media is (1) short story entitled "My Farm ", (2) illustrations / pictures and stories contained in the puzzle media are no longer familiar with the child's life, (3)) illustrations / pictures and stories contained in the puzzle media can make children interested in using the media and reading the contents of the story , (4) can provide broader insight with similar themes to children. Feasibility of media puzzle empirically as well as teoritik, the media in validation by experts/expert (expert on OLD, media experts, expert on literacy) and analysis of the facts against the low level of literacy ability. Then the data in the test t – paired to know there is an increased ability to use media literacy puzzle.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti M.Psi ; 2). Dr. Sofia Hartati M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:58
Last Modified: 24 Jun 2022 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item