WINANDA KUSUMA Q, . (2017) PENERAPAN KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA-SISWI KELAS VIII-6 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ANGKASA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (206kB) |
|
Text
4. abstrak.pdf Download (90kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (123kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (178kB) |
|
Text
2. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (362kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Download (441kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (362kB) |
|
Text
HASIL TES AWAL.pdf Download (222kB) |
|
Text
14. cv.pdf Download (95kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (211kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
13. Lampiran FIX.pdf Download (1MB) |
|
Text
Uji Validitas dan Realibitas.pdf Download (260kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Emosional pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama Angkasa Jakarta dengan penerapan kegiatan outbound. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama. Angkasa Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 12 siswa orang perempuan. Penelitian melibatkan kolabolator dan dilakukan sebanyak 1 siklus, siklus ini terdiri dari 3 kali pertemuan. Kondisi awal siswa-siswi yang diteliti siswa-siswi masih kurang memiliki kecerdasan emosional dalam kegiatan di sekolah. Hasil dari tes awal sebagai berikut : 1) Peneliti memberikan kegiatan outbound berupa permainan Ice Breaking, Hulla Hoop, dan Transfer Ball yang diasumsikan dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa-siswi sesuai dengan rencana penelitian dan dari hasil yang di dapat di lapangan adalah tidak ada siswa-siswi yang termasuk dalam kriteria baik, 3 siswa termasuk dalam kriteria cukup,dan 33 siswa-siswi termasuk dalam kriteria kurang. 2) Hasil yang di dapat di lapangan dalam kegiatan outbound dalam kriteri baik 0% atau nihil, dalam kriteria cukup sebesar 8,33%, dan dalam kriteria kurang sebesar 91,67%. Hasil dari siklus satu yang merupakan refleksi dari tes awal sebagai berikut : 1) Peneliti memberikan kegiatan outbound berupa permainan Foalding Karpet, , Transfer Water, Benang Kusut yang diasumsikan dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa-siswi sesuai dengan rencana penelitian dan dari hasil yang di dapat di lapangan adalah 34 siswa termasuk dalam kriteria baik, 2 siswa termasuk dalam kriteria cukup, dan tidak ada siswa-siswi termasuk dalam kriteria kurang. 2) Hasil yang di dapat di lapangan dalam kegiatan outbound dalam kriteria baik sebesar 94%, dalam kriteria cukup sebesar 5,55%, dan dalam kriteira kurang sebesar 0% atau nihil. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa-siswi dari penerapan kegiatan outbound terhadap kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII-6 Sekolah Menengah Pertama ii Angkasa Jakarta pada siklus I. Karena hasil siklus I didapat dari keseluruhan siswa-siswi kecerdasan emosional siswa-siswi kelas VIII-6 Sekolah Menengah Pertama Angkasa Jakarta berada pada kategori baik, yang berarti kecerdasan emosional mereka sudah baik dan dari hasil penelitian ini diharapkan kegiatan outbound harus rutin dilakukan, karena untuk mengubah kecerdasan emosional seseorang harus membiasakan diri melatih kecerdasan emosional di kehidupan sehari-hari baik disekolah, dirumah atau dimanapun siswa-siswi itu melakuan aktifitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Abdul Sukur, S.Pd, M.Si 2) Dr. Sudradjat Wiradihardja, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 07:45 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 07:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30656 |
Actions (login required)
View Item |