ELEMENTS OF FANTASY IN MAGIUM, A TEXT-BASED ADVENTURE GAME

ANGGI SETIAWAN, . (2020) ELEMENTS OF FANTASY IN MAGIUM, A TEXT-BASED ADVENTURE GAME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
Bab 2 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Bab 1 pdf.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB)

Abstract

Anggi Setiawan, 2020. Elemen Fantasi Dalam Magium, gim petualangan berbasis teks, Skripsi: Jakarta, Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan elemen fantasi dalam Magium, gim petualangan berbasis teks. Elemen yang akan dipaparkan adalah karakteristik dari fantasi yang dipresentasikan dalam Magium, gim petualangan berbasis teks, fungsi dari fantasi di dalamnya, juga mengelompokkan dan mendeskripsikan jenis fantasinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bersubjek pada Magium, gim petualangan berbasis teks. Data dari penelitian ini adalah semua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang berhubungan dengan fantasi dalam novel ini. Temuan dar penelitian ini menunjukan bahwa novel ini termasuk ke dalam sastra fantasi berdasarkan aspekaspek nya. Aspek-aspek tersebut berupa (1) karakteristik, (2) fungsi, dan (3) jenis. Karakteristik fantasi yang ditemukan dalam novel adalah (1) Cerita, (2) Karakter umum, (3) Keberadaan dunia lain, (4) penggunaan sihir dan kekuatan supranatural, (5) Jelasnya pihak yang baik dan jahat, (6) Misi. Fungsi dari fantasi yang ditemukan dalam novel adalah “pelarian.” Jenis fantasi yang ditemukan dalam novel adalah (1) high fantasy, dan (2) heroic fantasy. Dari temuan diatas dapat disimpulkan dengan jelas bahwa novel ini tergolong kedalam novel fantasi. Penelitian ini juga membandingkan Magium, gim petualangan berbasis teks dengan novel interaktif lainnya, yaitu Secret of the Pyramids dari segi media yang digunakan untuk publikasi guna membandingkan perubahan apa yang terjadi dan bagaimana perubahan tersebut berdampak pada alur cerita. Magium dipublikasikan sebagai aplikasi gim, sedangkan Secret of the Pyramids dipublikasikan sebagai buku cetak. Dari perbandingan itu dapat disimpulkan bahwa, meskipun kedua novel tersebut memiliki system cerita yang bercabang, yang berarti novel tersebut dapat membagi alur cerita berdasarkan pilihan yang dibuat oleh para pembaca, Magium lebih memiliki banyak variabel untuk menentukan cabang dari alur cerita, sehingga para pembaca lebih bebas untuk memilih alur ceritanya sendiri. Sedangkan dalam interaktif novel versi cetak, para pembaca meiliki pilihan yang lebih sedikit untuk mengembangkan alur cerita, karena keterbatasan kapasitas dan variable untuk mengontrol jalannya alur cerita. Kata kunci: Elemen fantasi, novel interaktif, gim, Magium, CYOA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Diyantari,M.App.Ling
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:09
Last Modified: 29 Jun 2022 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item View Item