UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE STIMULASI – ASISTENSI (MSA) (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Lestari Tambora, Jakarta Barat, Tahun 2011)

ELTRIA FUTRI UTAMI SN, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE STIMULASI – ASISTENSI (MSA) (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Lestari Tambora, Jakarta Barat, Tahun 2011). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
1. cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (151kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf

Download (13MB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf

Download (16MB)
[img] Text
11. Validitas Data.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. SKH.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. Analisis Data Statistik.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4– 5 tahun di PAUD Lestari Tambora, Jakarta Barat melalui penggunaan metode stimulasi asistensi (MSA) yang dilaksanakan pada bulan Mei 2011. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui satu siklus. Siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah anak Kelompok A di PAUD Lestari yang berusia 4–5 tahun yang mempunyai masalah dalam keterampilan motorik halus sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan dan data kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun melalui teknik observasi yaitu berupa catatan lapangan, pedoman penilaian kemampuan motorik halus, dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisa menggunakan persentase minimal menjadi 71%. Dari hasil analisis data persentase diperoleh kenaikan sebesar 77,46% pada siklus I. Peneliti melakukan tindakan sebanyak satu siklus karena persentase kenaikan yang telah disepakati bersama yaitu minimal menjadi 71%, dengan demikian peneliti tidak melanjutkan pemberian tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil persentase kenaikan yang telah ditetapkan maka hipotesis tindakan diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan Metode Stimulasi - Asistensi (MSA) mampu meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4–5 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan Metode Stimulasi – Asistensi (MSA) dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4–5 tahun. Untuk itu, disarankan penerapannya agar dapat disesuaikan dengan keadaan sekolah, kesanggupan guru, dan kesediaan anak. This study aims to improve fine motor skills of children aged 4 - 5 years in early childhood Lestari Tambora, West Jakarta assistance through stimulation methods (MSA) held in May 2011. The method used is a classroom action research conducted through one cycle. The cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects were children in PAUD Lestari A Group 4 - 5 years old who have problems fine motor skills as many as 7 people. Data collection techniques using non-test to obtain data about the execution of an act of child fine motor skill and data through observation techniques in the form of field notes, guidelines for assessment of fine motor skill, and photo documentation of activities. Analysis technique using a percentage become minimal of 71%. From the analysis of data obtained by the percentage increase of 77.46% in cycle I. Researchers to act as much as one cycle because the percentage agreed become minimal is 71%, so researchers are not continuing to act on the second cycle. Based on a predetermined percentage increase the action hypothesis accepted. Thus it can be stated that the use of assistance through stimulation methods (MSA) able to develop fine motor skills of children aged 4 - 5 years. The implications of this research is that the use of assistance through stimulation methods (MSA) can be used as an alternative to develop fine motor skill in children aged 4 - 5 years. To that end, suggested its application can be tailored to the circumstances of school, teacher ability, and willingness of the child.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sofia Hartati, M.Si 2) Sri Indah Pujiastuti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:24
Last Modified: 28 Jun 2022 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30883

Actions (login required)

View Item View Item