PENYUSUNAN DAN UJICOBA INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM MAHASISWA PADA PERCOBAAN REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA DALAM PRAKTIKUM KIMIA DASAR II

NIA RAHMASARI., . (2011) PENYUSUNAN DAN UJICOBA INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM MAHASISWA PADA PERCOBAAN REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA DALAM PRAKTIKUM KIMIA DASAR II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lampiran 2.pdf

Download (42kB)
[img] Text
lampiran ok.pdf

Download (314kB)
[img] Text
bagian depan.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf

Download (33kB)
[img] Text
lampiran 1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
persembahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
revisi 3.pdf

Download (464kB)

Abstract

Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mencapai tujuan tersebut penanaman nilai keimanan dan ketaqwaan di SMPIT Al-Qolam dilakukan pada semua mata pelajaran termasuk Biologi. Namun, upaya tersebut terkendala oleh ketiadaan bahan ajar yang berlandaskan imtaq. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an dan Sunnah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Prosedur pelaksanaan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan, studi pengembangan dan uji kelayakan. Tahap analisis kebutuhan dilakukan dengan wawancara dan quisioner kepada guru dan siswa SMPIT Al-Qolam. Tahap studi pengembangan dilakukan dengan membuat draft bahan ajar kemudian mengkonsultasikan kepada para ahli materi dan ahli media dan mengembangkannya. Tahap uji kelayakan dilakukan melalui tiga tahap yaitu: uji kelayakan oleh ahli yang terdiri dari 3 ahli materi dan 2 ahli media , uji kelayakan oleh guru dan siswa kelompok kecil, dan uji siswa kelompok besar yang terdiri dari 34 siswa. Hasil uji kelayakan dari ahli materi maupun ahli media menurut kriteria Ali menyatakan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran, sedangkan menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dinilai belum layak dengan prosentase rata-rata semua komponen uji kelayakan masing-masing 72,4% dan 79,3%. Penilaian guru, siswa kelompok kecil dan penilian siswa kelompok besar menunjukkan prosentasi rata-rata semua komponen uji kelayakan berturut-turut 79,3%, 84,3% dan 80,8%. Hal ini berarti menurut kriteria Ali bahan ajar dinilai sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan menurut kriteria BSNP, bahan ajar belum layak digunakan dalam pembelajaran secara nasional. The aim of education is to develope the potential of the students to be a faithful and pious person to The God Almighty. The application of faith and pious values at SMPIT Al-Qolam was applied on all subjects including Biology. But, that effort met obstacle that was the inpresence of integrated learning material. Therefore, it was needed to develope learning material integrated based on verses of Al-Qur’an and Sunnah. The method used in this research was development research. The procedure of this research consists three stages, there were the need’s assesment, developemental study, proper test. The need assesment stage was done by interviewing and give questionnaire towards the teachers and students of SMPIT Al�Qolam. Developmental study stage was done by making the learning material draft then it was consulted and developed. Proper test stage was done by three stages that were proper test by expert which was consist of 3 content experts and 2 material experts, proper test by teachers and small group, and big group test which was consist of 34 students. From the proper test, it was known whether the product of learning material was proper to be learning material or not. The result got from content’s experts and material’s experts, with average percentage 72.4% and 79.3%. Teachers, small group and big group test give the scores with the average percentages 78.8%, 84.4% and 80.6%. The interpretation of those results based on experts criteria confirmed that the product of learning material was proper and it could be used on Biology learning process, but it could not be used in national scale based on Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) criteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rosminar Suna, M.Pd. 2) Eka Putri Azra’I, S.Pd, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 18:18
Last Modified: 28 Jun 2022 18:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

View Item View Item