HUBUNGAN ANTARA TEACHER EFFICACY DAN KEMAMPUAN INTERAKSIONAL GURU PADA PENGAJAR TAMAN KANAK-KANAK

RAMADHANTI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA TEACHER EFFICACY DAN KEMAMPUAN INTERAKSIONAL GURU PADA PENGAJAR TAMAN KANAK-KANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_ cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
4_ lampiran 1-16.pdf

Download (161kB)
[img] Text
2_ pembuka_ abstrak, dkk.pdf

Download (86kB)
[img] Text
tses.pdf

Download (120kB)
[img] Text
konten full.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara teacher efficacy, atau keyakinan guru terhadap kemampuannya, dengan kemampuan interaksional guru pada pengajar TK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 51 tenaga pengajar yang dipilih dari 7 Taman Kanak-kanak yang tersebar di daerah Kecamatan Tangerang. Penetapan sampel tersebut dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data teacher efficacy diperoleh dengan menggunakan skala Teacher Sense of Efficacy yang dikembangkan oleh Tschannen-Moran & Anita Woolfolk Hoy (2001) atau dikenal sebagai Ohio State University Teacher Efficacy Scale (OSTES). Skala tersebut merupakan skala kontinum 9 poin dan telah banyak digunakan dalam pengukuran teacher efficacy. Data kemampuan interaksional guru diperoleh dengan menggunakan skala Kemampuan Interaksional Guru model Likert 4-poin, terdiri dari 4 dimensi pengukuran yang diadopsi berdasarkan dimensi dalam skala yang dikembangkan oleh Wicox-Herzog dan Sharon L.Ward, yang sebelumnya digunakan untuk mengukur intensi guru dalam berinteraksi dengan anak usia dini. Hasil uji korelasi Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara teacher efficacy dan kemampuan interaksional pengajar, yaitu dengan perolehan R= 0,406 dan P < α, dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. Hasil tersebut juga menunjukkan besarnya perolehan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,1648 atau sebesar 16,48%. Ini berarti persamaan varian antara teacher efficacy dan kemampuan interaksional pengajar hanya tercatat sebesar 16,48%, sisanya, yaitu sebesar 83,52% dari total varian yang terdapat pada masing-masing variabel, disumbangkan oleh faktor lainnya di luar kedua variabel tersebut. The purposed of this study was to examine the relationship between teacher efficacy, or teachers’ belief of his or her capability, with teacher interactional skill of kindergarten teachers.The methood used in this study was a survey methood with correlational technique. Participants in this study included 51 Kindergarten teachers who had been selected from 7 different kindergarten around Tangerang Subdistrict Area. Targeted sample was selected by using cluster random sampling technique. Data of teacher efficacy was collected by using Teacher Sense of Efficacy Scale developed by Tschannen-Moran & Anita Woolfolk Hoy (2001), known as Ohio State University Teacher Efficacy Scale (OSTES). This scale constituted of a 9- point continuum scale that largely used in teacher efficacy measurement. Data of teacher interactional skill was collected by using Teacher Interactional Skill Scale, a 4-point Likert scale model, consists of 4 adopted subscale developed by Wilcox-Herzog and Sharon.L.Ward that previously used for measured teacher intention about interacting with young children. The product moment correlation test revealed positive significant relationship between teacher efficacy and teacher interactional skill, with R = 0,406, P < α, and significance level at 0,05. These results also indicated index level of coefficient of determination (R2 ), which scored 0,1648, or as equal as 16,48%. This meant shared variance between teacher efficacy and teacher interactional skill, noted only 16,48%, the rest, 83,52% of total variance in each variables, contributed by other factors outside both variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Herdiyan Maulana, M.Si 2) Lussy Dwiutami W., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:33
Last Modified: 29 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item View Item