PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen di SMA Negeri 44 Jakarta)

FASHIHATUL KHOIRIAH, . (2010) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen di SMA Negeri 44 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Lampiran 1 _RPP_.pdf

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik Random Sampling, yang membagi sampel menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan internet sebagai sumber belajar dan kelas kontrol dengan tidak menggunakan sumber belajar internet. Jadi total sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 40 soal. Dalam penelitian eksperimen ini sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian normalitas data. Pengujian normalitas pada penelitian ini menggunakan rumus Chi�Kuadrat. Hasil pengujian normalitas data kelas eksperimen pada saat pre-test diperoleh X² hitung sebesar 2,49 sedangkan pada saat post-test diperoleh X² hitung sebesar 5,8. Sedangkan untuk kelas kontrol pada saat pre-test diperoleh X² hitung sebesar 8,33 dan post-test diperoleh X² hitung sebesar 4,25. Pada uji normalitas dengan derajat kebebasan 5 maka X² tabel chi kuadrat adalah 11,070. Dengan demikian, dari data kedua kelas tersebut telah menunjukkan bahwa X² hitung < X² tabel, artinya dari data kedua variabel berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan uji barlett. Untuk data pre-test kedua kelas diperoleh X² hitung sebesar 0.828 dan untuk data post-test kedua kelas diperoleh X² hitung 1.564. Dari tabel ”harga kritik Chi Kuadrat” dengan dk 1 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,841. Jadi X² hitung < X² tabel maka data berdistribusi homogen. Kemudian pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung = 3.796 dikonsultasikan dengan tabel t, dk = 72 harga t tabel adalah 1.993, t hitung (3.796) > t tabel (1.993) . Maka Ha yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 44 Jakarta untuk materi Sumber Daya Alam diterima. Pengujian hipotesis dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Q hitung sebesar 7,31 dan Q tabel sebesar 2,85. Maka Q hitung > Q tabel yang artinya Ha diterima, berarti terdapat pengaruh signifikan antarapenggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Aris Munandar, S.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:50
Last Modified: 30 Jun 2022 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31104

Actions (login required)

View Item View Item