PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK “WHY? (THE EARTH)” PADA MATERI TENAGA ENDOGEN DAN EKSOGEN DI SMP IT DAARUT TAUHID KECAMATAN MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR

NIA YUSNIA SARI, . (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK “WHY? (THE EARTH)” PADA MATERI TENAGA ENDOGEN DAN EKSOGEN DI SMP IT DAARUT TAUHID KECAMATAN MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
S I L A B U S.pdf

Download (65kB)
[img] Text
cover unj sidang.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KOMIK BAB12345_KOMPLIT sidang tabel baru.pdf

Download (358kB)
[img] Text
ABSTRAK new sidang.pdf

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Edit RPP IPS Baru.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LOKASI PENELITIAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
KISI-KISI PreTest _ PostTest.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada sub pokok bahasan tenaga endogen dan eksogen dengan menggunakan komik sebagai media pembelajaran IPS-Geografi. Penelitian dilaksanakan di SMP IT Daarut Tauhid Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor pada bulan Juli-September 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari kelas VII A (kelas putera) dan kelas VII B (kelas puteri). Sampel ini di ambil melalui metode sampling purposive sehingga di peroleh 15 siswa yang keseluruhannya adalah kelas VII A (kelas putera) SMP IT Daarut Tauhid Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk tes dengan teknik analisis data mengunakan teknik analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPS-Geografi khususnya pada sub pokok bahasan tenaga endogen dan eksogen mencapai 80%, sedangkan rata-rata kelas pada saat pre test adalah 30,37 kemudian terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas pada post test mencapai 66,7. Dari hasil penelitian memberikan implikasi bahwa pembelajaran IPS-Geografi agar lebih menarik, khususnya pada sub pokok bahasan tenaga endogen dan eksogen, maka diperlukan pembelajaran yang berbeda yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penggunaan media yang tepat diharapkan akan mencapai nilai hasil belajar yang di inginkan, media yang digunakan untuk pembelajaran yang tepat adalah komik. Sehingga komik dapat membuat siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sebelum pembelajaran dengan menggunakan komik sebagai media siswa kurang aktif baik dalam mengajukan pertanyaan, kesulitan membaca materi pelajaran, ataupun dalam mendengarkan penjelasan guru dalam proses pembelajaran dan mereka selalu ribut. Akan tetapi setelah pembelajaran dengan menggunakan komik sebagai media siswa lebih berminat untuk membaca, lebih aktif, lebih mudah memahami isi materi dengan mudah, lebih mandiri, serta mampu meningkatkan kemampuan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan komik sebagai media dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada sub pokok bahasan tenaga endogen dan eksogen dalam mata pelajaran IPS-Geografi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Warnadi 2) Samadi, S.Pd, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:37
Last Modified: 30 Jun 2022 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item