PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 97 JAKARTA TIMUR

ANGGUN TRI HAPSARI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 97 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
05 Pernyataan Persetujuan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
03 Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
01 Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (75kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
07 Kata Pengantar.pdf

Download (23kB)
[img] Text
13 BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
15 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
14 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
19 Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18 Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] Text
20 Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta Timur. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 97 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling, diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII-I yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk tes tertulis. Setelah data terkumpul, maka data akan diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis data. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Lilieforsdan uji homogenitas dengan uji Fisher, menunjukkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogeny. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung = 5,32 dan ttabel= 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel yang berarti H0ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 97 Jakarta Timur. This study aims to determine the effect of cooperative learning models on time token type stowards social studies learning outcomes of 1st grade students at 97 Junior High School East Jakarta. This study uses Quasi Experimental with Pretest-Posttest Control Group form as the study design. The Population in this study is all the 1st grade students at 97 Junior High School Jakarta year 2018/2019. Based on the sample extraction technique used was purposive random sampling, the samples in this study are students of VII-D grade which consists of 36 students as control class and VII-I grade which consists of 36 students as experiment class. Data collection techniques used was the written test type. After the data collected, it would be processed by normality test and homogeneity test as the data analysis prerequisite test. Based on the data analysis prerequisite result test done by normality test using liliefors test and homogenity test using fisher test showed that both of samples were from distributing normal and homogen population. Based on the results of the hypothesis test by using t-test, the obtained value of tcount = 5,32 and ttable = 1,67. It shows that tcount>ttabel means Ho is rejected and Ha accepted. The result of the study shows that Cooperative Learning Models on Time Token has effects toward students social studies learning outcomes of 1st grade students at 97 Junior High School East Jakarta .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Muhammad Muchtar, M.Si ; 2). Martini, SH.MH
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:22
Last Modified: 04 Jul 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31371

Actions (login required)

View Item View Item