PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL

MOH. HASAN BISRI, . (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB V...pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2...pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
COVER HASAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN..pdf

Download (521kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Audio Video pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 39 Jakarta dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning dan Direct Instruction. Penggunaan sampel menggunakan cluster random sampling, yang diperoleh dari kelas X Teknik Audio Video 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Sebelum hasil penelitian ini dianalisis dengan uji-t, maka terlebih dahulu diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil dari pengujian nilai rata-rata posttest menggunakan uji – t, maka dapat diperoleh nilai thitung = 5,66. Dengan dk = 56 dan taraf signifikan = 0,05 diperoleh dari nilai ttabel = 2,00. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai ttabel = (5,66 > 2,00) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Blended Learing dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Dari hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen = 87,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 84,03. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning dan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. * The intention is to know whether there is influence between learning result of the students of grade 10 of audio vidio technique while learning digital simulation at smkn 390 jkt,by using learning model of blended learning and direct instruction.The use of sample using random cluster sampling that is got from grade x audio vidio technique as experiment class using learning model of blended learning and grade x of audio vidio 2 as control class using direct instruction learning model. Before reseach result is analyzed by using T-test therefore it is examined using normalization test and homogeneity test. Base on the test result of the post test 2,the average score by using T-test is got 5,66.By dk =5,6 and significant degree =0,05 is got from T-table =2.00.The counting result indicates that T table score(5,66 > 2.00)Therefore HO is rejected and H is accepted so that it can be concluded that there is influence about the learning result between the students who use blended learning model and the students who use direct instruction model.From the experiment result the average score of experiment class= 87,74 and the average score of control class=84,03 therefore there is the difference of learning result between the students using blended learning model and the students using direct instruction learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. ; 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:19
Last Modified: 06 Jul 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31452

Actions (login required)

View Item View Item