PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen Di SMA Negeri 1 Jatisari

AGI HAGIAMAN, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen Di SMA Negeri 1 Jatisari. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LAMPIRAN LENGKAP AGI YUDISUM - Hlmn (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Persetujuan 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
A COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB I - V AGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN TESIS AGI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Untitled-42.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sejarah dan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 1 Jatisari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan sosial siswa yaitu kuesioner dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar yaitu tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan sosial, (3) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang memiliki kecerdasan sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki kecerdasan sosial rendah, (4) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang memiliki kecerdasan sosial rendah lebih rendah dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang memiliki kecerdasan sosial rendah. This study aims to determine the effect of learning models of history and social intelligence on student learning outcomes in SMA Negeri 1 Jatisari. This research is a quantitative research using experimental design method of treatment by level 2x2. Instruments used to measure students' social intelligence are questionnaires and instruments used to measure learning outcomes are multiple choice test. The results showed that: (1). The result of student history learning using cooperative learning model of Group Investigation type is higher than students using conventional learning model, (2) there is influence of interaction between learning model and social intelligence, (3) student learning result using cooperative learning model of Group Investigation type which has a higher social intelligence higher than students using conventional learning models that have low social intelligence, (4) student learning outcomes using cooperative learning model type of Group Investigation who have lower social intelligence lower than students using conventional learning model Have low social intelligence.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Dr. Abdul Syukur,M.Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:56
Last Modified: 12 Jul 2022 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31690

Actions (login required)

View Item View Item