PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA PONDOK KARYA PEMBANGUNAN JAKARTA TIMUR

ANDI, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA PONDOK KARYA PEMBANGUNAN JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN TESIS ANDI.pdf ok.pdf

Download (713kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP andi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN LENGKAP ANDI YUDISIUM - Hlmn.pdf

Download (3MB)

Abstract

The aim of this research is to find out the effect of learnning method and students attitude on history studies to the result of student’s history learning in SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur. This reseacrh is quantitative research that used experiment design treatment method by level 2x2. Instrument that writer used to measure the student’s attitude is questioner, and instrument that writer used to measure the result of learning is Multiple Choice. The result of research showed those (1). The result of learning history that students used mind mapping were higher than students in convensional learning. (2) there is interaction’s effect between the method of learning and student’s attitude. (3) the result of student’s history learning that use mind mapping have positive attitude is higher than student which use convensional learning. (4) the result of learning history, the students were used mind mapping method have negatif’s attitude lower than students used convensional learning which have negatif attitude Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap siswa yaitu kuesioner dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar yaitu tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran sejarah, (3) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang memiliki sikap positif pada mata pelajaran sejarah hasilnya lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang memiliki sikap positif pada mata pelajaran sejarah, (4) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang memiliki sikap negatif pada mata pelajaran sejarah hasilnya lebih rendah dari siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang memiliki sikap negatif pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd ; 2). Dr Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:16
Last Modified: 12 Jul 2022 07:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item