PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMAI AL-AZHAR 4 KEMANG PRATAMA KOTA BEKASI

DIYAH NUR FAUZIYYAH AMIN, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMAI AL-AZHAR 4 KEMANG PRATAMA KOTA BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
TESIS LENGKAP DYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN TESIS DYAH.pdf

Download (820kB)
[img] Text
LAMPIRAN HL LENGKAP DYAH YUDISIUM - hlmn.pdf

Download (4MB)

Abstract

This aim of this research is to find out the effect of instructional model and emotional intelligence to history learning outcomes in SMAI AL AZHAR 4 Kemang Pratama Bekasi City. This research is quantitative which using experiment design treatment method by level 2x2. The population in this research are all the students in elevent grade, Instrument that used to measure the emotional perspicacity is questioner, and instrument that used to measure the learning outcomes muliple choice. The result of this research shows that (1) the student that using Cooperative Learning type Jigsaw is higher than student that using direct learning, (2) there is effect of interaction between instructional model and emotional intelligence, (3) history learning outcomes that using Cooperative Learning type Jigsaw with emotional intelligence is higher than student’s direct learning. (4) history learning outcomes that using Cooperative Learning type Jigsaw with emotional intelligence is lower than student’s direct learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sejarah siswadi SMAI Al-azhar 4 Kemang Pratama kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif, menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI, untuk Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI iis 2 dan XI iis 3 berjumlah 68 siswa. Instrumen yang digunakan untuk kecerdasan emosional yaitu kuesioner dan instrumen yang digunakan untuk hasil belajar yaitu tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional, (3) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan memiliki kecerdasan emosinal tinggi (4) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional rendah lebih rendah dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan memiliki kecerdasan emosional rendah.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd ; 2). Dr. Sarkadi, M.Si
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah (Umum)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:05
Last Modified: 13 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31715

Actions (login required)

View Item View Item