PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMUR BATU 06 JAKARTA PUSAT

ELMA MAULIDA WARDHANA, . (2020) PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MINI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI SUMUR BATU 06 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRAK INDO.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text
1. COVER ELMA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
2. ABSTRACK INGGRIS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (60kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli mini melalui metode bermain pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SDN Sumur Batu 06 Jakarta Pusat pada bulan Januari sampai Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan Teknik total sampling maka diperoleh 30 sampel penelitian dengan 18 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian dilakukan dengan melakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan norma penilaian passing atas. Hasil data penelitian diperoleh bahwa: (1) Penerapan metode bermain dalam proses hasil belajar passing atas bola voli mini pada siswa sekolah dasar. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar passing atas bola voli siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 19,23%; (2) Respon positif mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini tergambar dari kenaikan nilai tes passing atas siswa sebesar 36% dari siklus I ke siklus II; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar passing atas dengan menggunakan metode bermain pada siswa sekolah dasar. Research Study This aims to find out the improvement of learning over passing in mini volleyball games through the method of playing in elementary school students. The method used is an action research research method. The study was conducted at SDN Sumur Batu 06, Central Jakarta from January to February 2020. The population in this study amounted to 30 students in grade V in primary schools using a total sampling technique, 30 research samples were obtained with 18 males and 12 females. The study was conducted by conducting two cycles. Data collection techniques using the passing passing assessment norm. The results of the research data obtained that: (1) The application of play methods in the process of passing learning on mini volleyball in elementary school students. This can be seen from the increase in learning passing on volleyball students from the first cycle and second cycle by 19.23%; (2) Positive responses have increased significantly. This is reflected in the 36% increase in passing test scores of students from cycle I to cycle II; (3) There is an increase in passing passing learning by using the playing method in elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr. Iwan Setiawan, M.Pd 2)Dr.Samsudin, M.Pd
Subjects: Ilmu Kedokteran > Keperawatan > Diet, Kesehatan Jasmani
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 05:25
Last Modified: 13 Jul 2022 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31827

Actions (login required)

View Item View Item