HUBUNGAN ANTARA INOVASI PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE GORENG RENDANG PADA WARGA RW 005 PERUMAHAN TRIDAYA INDAH III TAMBUN - BEKASI

ALDI ADHITYA WARMAN, . (2013) HUBUNGAN ANTARA INOVASI PRODUK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE GORENG RENDANG PADA WARGA RW 005 PERUMAHAN TRIDAYA INDAH III TAMBUN - BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 3.pdf

Download (171kB)
[img] Text
abstrack.pdf

Download (68kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (132kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (29MB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (210kB)
[img] Text
daptar pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (28kB)
[img] Text
awalan.pdf

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya tentang apakah ada hubungan antara Inovasi Produk dengan Keputusan Pembelian Indomie Goreng Rendang Pada Warga RW 005 Perumahan Tridaya Indah III Kecamatan Tambun, Bekasi Timur. Penelitian ini dilakukan di RW 005 Perumahan Tridaya Indah III, selama 6 bulan terhitung dari bulan Agustus sampai bulan Januari 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah warga RW 005 Perumahan Tridaya Indah III. Sampel yang diambil sebanyak 55 orang, dan dilakukan dengan uji persyaratan analisis. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Inovasi Produk (Variabel X) dan Keputusan Pembelian (Variabel Y). Sebelumnya instrumen ini digunakan, dilakukan uji validitas konstruk terlebih dahulu, untuk kedua variabel. Untuk variabel X 31 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 3 butir pertanyaan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 28 butir pertanyaan. Untuk variabel Y, dari 35 butir pertanyaan setelah divalidasi, terdapat 4 butir pertanyaan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 31 butir pertanyaan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,944 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,942. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 52,51 + 0,667X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,076, sedangkan Ltabel untuk n = 55 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,119, karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,25 < 2,05, sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linier. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 21,06 > 4,06, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,533 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 4,59 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan dan dk = 45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,533 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 28,43%, yang menunjukkan bahwa 28,43% Keputusan Pembelian ditentukan oleh Inovasi Produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara Inovasi Produk dengan Keputusan pembelian Indomie Goreng Rendang pada warga RW 005 Perumahan Tridaya Indah III Kecamatan Tambun, Bekasi Timur. The research was conducted at RW 005 Tridaya indah III Residents Kecamatan Tambun, Bekasi. for six months from August 2012 until January 2013. The research method used is survey method with the correlational approach. The population in this study are Residents of RW 005 Tridaya indah III Residents Kecamatan Tambun, Bekasi. Where as The possible populations were Residents of RT 005 who consumted indomie goreng rendang. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 55 residents. To capture data from these two variables are used questionnaire Likert scale models for Product Innovation (variable X) and Buying Decision (Variable Y). Before the instrument is used tested the validity for both variables. For variable X, from 31 points statement after statement validated there are 3 points that drop invalid, while meeting the criteria or a valid statement consists of 28 points. For variable Y, From 35 points statement after statement validated contained 4 points that drop invalid, while meeting the criteria or invalid items comprised 31 statements. Reliability calculation of both variables using Cronbach alpha formula. The results of the X variable reliability of 0.944 and the reliability of variable Y at 0.942. These results prove that the instrument is reliable. The resulting regression equation is Ŷ = 52,51 + 0.667 X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X to produce Lcount liliefors test = 0,076, while the Ltable for n = 55 at 0.05 significant level is 0.119. Because the Lcount < Ltable then an error estimate of Y on X is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcalculated < Ftable is 1,25 < 2.05, so it was concluded that the linear equation regreasi. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is 21,06> 4.06, meaning that the regression equation is significant. Correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy = 0,533, then performed the test significance correlation coefficient using the t test and the resulting tcount = 4,59 and Ttable = 1,68. It can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0,533 is significant. The coefficient of determination obtained for 28,43% which shows that 28,43% of the variation of decision buying is determined by the product innovation. The result of this research was shown that there is positive correlation between product innovation with the buying decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Nurdin Hidayat, MM, M.Si ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:12
Last Modified: 21 Jul 2022 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31941

Actions (login required)

View Item View Item