PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA KELOMPOK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN KELOMPOK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONVENSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KSATRIA JAKARTA PUSAT)

ANNISA NURJANAH, . (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA KELOMPOK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN KELOMPOK YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONVENSIONAL (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KSATRIA JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara kelompok yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan kelompok yang menggunakan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Perguruan Ksatria Jakarta Timur yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil dua kelas (60 orang) secara random, dalam hal ini sebagai kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan pendekatan konstruktivisme yakni kelas X2 dan kelompok kontrol adalah kelompok yang menggunakan model konvensional yakni kelas X4. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen dan jenis instrument yang digunakan yakni dalam bentuk tes kognitif hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 65,9 dan kelompok kontrol sebesar 56,87. Skor tertinggi kelompok eksperimen sebesar 87 dan kelompok kontrol sebesar 80. Sedangkan skor terendah kelompok eksperimen sebesar 40 dan kelompok kontrol sebesar 38. Hasil normalitas kelompok eksperimen yakni Lhitung = 0,104 < Ltabel = 0,161, maka Ho diterima pada taraf signifikansi 0,05, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas kelompok kontrol yakni Lhitung = 0,149 < Ltabel = 0,161, maka Ho diterima pada taraf signifikansi 0,05, sehingga data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yakni Fhitung = 1,106 < Ftabel = 1,84 maka Ho diterima pada taraf signifikansi 0,05, sehingga varians adalah homogen. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji anova one way dan diperoleh Fhitung = 8,72 > Ftabel = 4,01 pada taraf signifikansi 0,05 dan db = 1/58, maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara kelompok yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan kelompok yang menggunakan pendekatan konvensional. Selanjutnya dilakukan uji t – Dunnet dan diperoleh t hitung = 3,06 > 1,67 = t tabel untuk α = 0,05 dan db = 1/58, maka Ho ditolak. Artinya hasil belajar ekonomi kelompok yang menggunakan pendekatan konstuktivisme secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. This study aims to determine the differences in economic learning outcomes between group who were using constructivisme model with group who were using Conventinal Model. The population in this study were all students tenth class Perguruan Ksatria Jakarta which consisted of five classes. Sample were taken two classes (60 people) at random, in this case as the experimental group is X2 and the control group is X4. This type of research is experimental research and the types of instruments used im the form of test of cognitive learning outcomes. The results obtained by the average value of 65,9 at the post test in experimental group and control group is 56,87. The highest score of experimental group is 87 and control group is 80. Where as the lowest score of experimental group is 40 and control groups is 38. The results of normality Lcalculate= 0, 104< Ltabel = 0.161, and then Ho is accepted at the 0,05 significance level so the data is normally distributed. Where as the control group test for normality Lcalculate = 0,149 < Ltabel = 0,161 then Ho is accepted at the 0,05 level. So the data are normally distributed. The result of homogeneity test of the experimental group and the control group Fcalculate =1,143 < Ftabel = 1,84 then Ftabel Ho receivedthe 0,05 significance level, so the variance is homogeneous. Hypothesis testing is done through one-way ANNOVA test and obtained Fcalculated = 8,72>Ftabel = 4,01 at 0,05 significance level and the db 1/58 so Ho rejected. This means that there are differences significant in economic learning outcomes between the group who were using the Constructivisme model with group who were using the Conventional model. After that tDunnet test obtained tcalculate = 3,06 > t tabel = 1,67 for α = 0,05 dan db = 1/58 so Ho is rejected. This meansthat economic learning outcomes in group who were using the contructivisme model is more high than group who were using Conventional Model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ari Saptono,SE,M.Pd. ; 2). Saparuddin,SE,M,Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:33
Last Modified: 21 Jul 2022 04:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31957

Actions (login required)

View Item View Item