PENGEMBANGAN READING BOOK BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (Penelitian dan Pengembangan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk 13 Petang Jakarta Barat)

SANTI SUSANTI, . (2018) PENGEMBANGAN READING BOOK BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (Penelitian dan Pengembangan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk 13 Petang Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (625kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku bacaan yang berfokus untuk melatih kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli media, ahli desain instruksional, dan peserta didik kelas V SDN Kapuk 13 Petang. Hasil analisis kebutuhan dari guru dan peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik memerlukan buku penunjang untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan suatu buku bacaan berbasis pendekatan Whole Language agar dapat digunakan untuk melatih kemampuan berbahasa secara menyeluruh. Uji coba lapangan dengan responden sebanyak 20 peserta didik mendapatkan nilai sebesar 95.01%yang berarti sangat baik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa buku bacaan yang telah dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Herlina, M.Pd 2) Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jan 2020 09:56
Last Modified: 30 Jan 2020 09:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item