HUBUNGAN ANTARA PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR (SRL) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK N 10 JAKARTA.

FIETRA IMAM HAKIM, . (2013) HUBUNGAN ANTARA PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR (SRL) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK N 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengaturan diri dalam belajar (SRL) dengan prestasi belajar pada siswa SMK 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Oktober sampai Desember 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 260, dan sampel yang digunakan sebanyak 149 dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Pengaturan Diri dalam Belajar) diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Untuk variabel Y (Prestasi Belajar) menggunakan Daftar Nilai Raport (Leger). Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ= -40,06 + 0,431X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,065 sedangkan Ltabel 0,073 karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung sebesar 40,62 dan Ftabel sebesar 3,92. Fhitung (40,62) > Ftabel (3,92) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan F tabel 1,63 sedangkan F hitung 0,67 Fhitung (0,67) < Ftabel (1,63) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,465. Pengaturan diri dalam belajar dengan prestasi belajar Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil21,65% maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengaturan Diri dalam Belajar (SRL) dengan Prestasi Belajar. ***** The purpose of this research is to detect correlation between self-regulated learning (SRL) with achievement academic on student SMK N 10 Jakarta. The research is done during for three months since October until December 2012. The method of research is survey method with correlation approach. The population research was all of employees with total 260 student, and 149 employees for sampling and used proportional random sampling. Instrument that used to get variable data X (Self-Regulated Learning) measured by questionnaire using Likert Scale. For Variable Y Achivement Academic) was also . The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ= -40,06 + 0,431X, while analysis rules test that is test normalitas while analysis rules test that is test normalitas regression estimation error Y on X with test liliefors got Lhitung 0,065 <Ltabel 0,073, matters this means sample comes from population normal distribution. Significancy test and regression linearity by using analysis table varians (anava) got regression similarity Fhitung(40.62) >Ftabel(3,92)that declare regression very mean with regression linearity test that produce Fhitung(0,67) <Ftabel (1,63)that show that regression model that used linear. Correlation coefficient hypothesis test is done with formula product moment produce rxyas big as 0,465. Determination coefficient test produces KD as big as 21,65%. So can be taken conclusion found which are negative connection and significant between selfregulated learning (SRL) and achievement academic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr Ponco Dewi K, M.M ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 00:11
Last Modified: 01 Aug 2022 00:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32088

Actions (login required)

View Item View Item