ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU GEOGRAFI YANG SUDAH DISERTIFIKASI DI JAKARTA PUSAT

NURAINI, . (2013) ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU GEOGRAFI YANG SUDAH DISERTIFIKASI DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRACT AINI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa (LKS) dan evaluasi pembelajaran guru geografi yang sudah disertifikasi. Metode yang digunakan adalah metode deskripsif kuantitatif. Teknik pengambilan populasi dengan menggunakan populasi target dan populasi terjangkau. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru geografi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan swasta di Jakarta Pusat yang telah disertifikasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 19 orang guru geografi. Teknikj pengambilan data menggunakan kuisioner berbentuk daftar checklist yang berisi tentang standar�standar yang digunakan untuk melihat standar perangkat pembelajaran. Terdapat 8 item soal untuk pengukuran silabus, 8 butir soal untuk pengukuran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 6 butir soal untuk pengukuran media pembelajaran, 3 butir soal untuk pengukuran bahan ajar, 4 butir soal untuk pengukuran lembar kerja siswa, 5 butir soal untuk pengukuran evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran guru yang sudah disertifikasi berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa, dan evaluasi pembelajaran tidak kompeten untuk diujikan karena beberapa alasan yaitu bukan hasil karya guru itu sendiri, hasil pemberian atau hasil dari memilih khusus untuk bahan ajar dan lembar kerja siswa tidak dikembangkan secara maksimal dan hanya media pembelajaran yang dikembangakan dengan baik oleh guru-guru geografi yang telah disertifikasi. ***** This study aims to analyze the learning software, which is syllabus, lesson plan (RPP), learning media, teaching materials, student worksheet (LKS) and learning evaluation of certified geography teacher. The method used in this research is descriptive quantitative method. Populations’ retrieval techniques use the target populations and affordable populations. Target population in this study is the certified senior high school geography teacher either in state school (negeri) or the private sector (swasta) in Central Jakarta. Affordable population in this study is 19 geography teachers. Data collection technique uses a questionnaire form which contains a checklist of standards that are used to see the standard of learning. There are 8 items for syllabus measurement, 8 items to measure lesson plan (RPP), 6 items for learning media measurement, 3 items for the measurement of teaching materials, 4 items to measure student worksheets, 5 items for measurement evaluation of learning. This study uses a crosstab analysis technique. Results of this study indicate that the learning software of certified teachers in the form of a syllabus, lesson plan, student worksheets, teaching materials and learning evaluation are not competent to be tested because of some reasons, such as, it is not the work of teachers themselves, the giving and choosing for special teaching materials and student worksheet are not developed maximally, and only learning media by certified geography teacher which are well developed

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Eko Tri Raharjo, M. Pd ; 2). Samadi, M. Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:00
Last Modified: 05 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item