SITI KOMARIYAH, . (2013) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (90kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (543kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (18kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (293kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (118kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (847kB) |
|
Text
BAB II (Repaired) fix.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan yang dilaksanakan untuk mengadakan suatu pengembangan mulai dari mengevaluasi kebutuhan guru sampai dengan merencanakan pengembangan profesi bagi guru yang membutuhkan. Mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru baik dari pihak yang terkait dalam perencanaan, metode, serta kendala yang di hadapi, dan mengetahui pelaksaanaan evaluasi yang dilakukan sekolah setelah mengadakan pengembangan profesionalisme bagi guru. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. Data yang diperoleh berupa data mengenai pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu sekolah yang diadakan di SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Key Informan (Informan Kunci) yang ada di dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Di tambah dengan beberapa informan pendukung lainnya, yaitu Wakil Kepala Sekolah, Kepala Dikdasmen Muhammadiyah, dan guru. Hal tersebut diambil berdasarkan beberpa pertimbangan peneliti. Pengembangan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah 24 Rawamangun sudah cukup baik, terlihat dari komitmen sekolah dalam meningkatkan kemampuan gurunya. Terkait dengan komitmen sekolah untuk meningkatkan kualitas guru, sekolah mempunyai banyak program pengembangan profesionalisme guru diantaranya yaitu : pengajian bulanan, seminar, diklat, dan sertifikasi. Dalam pelaksanaanya pihak sekolah banyak bekerja sama dengan instansi pendidikan, hal ini terlihat dari kerja sama sekolah dengan Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur dan Universitas Muhammadiyah. Implikasi hasil penelitian ini adalah pengembangan profesionalisme guru dapat bermanfaat, jika guru dapat menerapkanya dalam proses mengajar. Pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru dapat berjalan dengan baik, jika antara perencanaan dan pelaksanaanya sesuai dengan tujuan. Sebagai bentuk peningkatan mutu sekolah, maka pengembangan profesionalisme dilakukan agar tenaga pendidik semakin berkualitas. Sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat, guru dituntut untuk meningkatkan kualitas kerjanya agar dapat membimbing dan mengajarkan siswanya dengan baik. Peningkatan mutu sekolah tak hanya dari segi kualitas guru saja, maka sekolah pun harus memperhatikan aspek – aspek lainnya dalam menunjang peningkatan mutu sekolah. ***** The purpose of this study was to analyze the planning undertaken to establish a development ranging from evaluating teachers need to plan professional development for teachers in need. Knowing how the implementation of the professional development of teachers from both parties involved in the planning, methods, and constraints in the face, and knowing implementation school evaluation after holding professional development for teachers. The experiment was conducted in SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. The data obtained in the form of data on the implementation of the professional development of teachers in an effort to improve the quality of schools held at SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. The data was collected using interviews, observation and documentation. Key informants (key informants) in this study was the Principal. Plus a few other supporting informants, the Vice Principal, Head of Basic Education Muhammadiyah, and teachers. It was adopted by researchers consideration. Professional development of teachers in SD Muhammadiyah 24 Rawamangun good enough, visible from the school's commitment to improving teacher skills. Associated with the school's commitment to improving the quality of teachers, the school has many teachers professional development programs such as: monthly lectures, seminars, training, and certification. In this implementation, the school worked with many educational institutions, it is seen from the cooperation with the Department of Basic Education schools in East Jakarta and University Muhammadiyah The implications of this research is the development of teacher professionalism can be useful, if teachers can implementation in the teaching process. Implementation of professional development of teachers can work well, if the planning and implementation in accordance with the objectives. As a form of improving the quality of schools, the development of professionalism done so that more qualified educators. So that can increase student achievement, teachers are required to improve the quality of work that can guide and teach their students well. Improving the quality of school not only in terms of quality of teachers only, then the school must consider the aspects - the other aspects of the school in supporting quality improvement
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rugaiyah, M. Pd ; 2). Dr. Matin, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32351 |
Actions (login required)
View Item |