KONFORMITAS PEER GROUP DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF REMAJA PUTRI (STUDI DESKRIPTIF SISWI SMP NEGERI 13 DEPOK, JAWA BARAT)

WIDYA SAFITRI, . (2022) KONFORMITAS PEER GROUP DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF REMAJA PUTRI (STUDI DESKRIPTIF SISWI SMP NEGERI 13 DEPOK, JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui mengenai gambaran dari Konformitas Peer Group dengan Pembelian Impulsif Remaja Putri SMP Negeri 13 Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi putri kelas VIII yang terbagi atas sembilan kelas. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan tujuan agar setiap kelas memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel secara random dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 44 responden. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelian impulsif remaja putri dalam konformitas peer group terjadi karena adanya keinginan siswi untuk memiliki barang atau produk yang serupa dengan kelompok mereka. Pembelian impulsif siswi putri dapat dilihat dari tipe pembelian impulsif, yakni : (1) Pure Impulse (siswi membeli suatu barang tanpa adanya berpikir terlebih dahulu atau membeli sesuatu tanpa adanya perencanaan sebelumnya) termasuk dalam kategori “tinggi” (68,2%). (2). Suggestion Impulse (siswi sebagai pembeli tidak memiliki pengetahuan sebelumnya mengenai produk tersebut, baru pertama kali melihatnya, dan merasa membutuhkannya) termasuk dalam kategori “tinggi” (77,2%). (3) Reminder Impulse (siswi teringat seketika bahwa persediaan akan produk tersebut telah berkurang atau habis, mengingat sebuah informasi atau iklan produk tersebut, dan keputusan pembelian terdahulu) termasuk dalam kategori “tinggi” (73,8%). (4). Planned Impulse (siswi membeli dengan harapan dan tujuan tertentu seperti harga spesial, potongan harga, kupon ataupun yang lainnya) termasuk dalam kategori “tinggi” (62,1%) This study uses a descriptive method with the aim of knowing the description of Peer Group Conformity with Impulsive Purchasing for Young Girls at SMP Negeri 13 Depok. The population in this study were female students of class VIII which were divided into nine classes. Sampling was carried out using a random sampling technique with the aim that each class had the same opportunity to be sampled randomly with the number of samples used as many as 44 respondents. The results of this study indicate that the impulsive buying of adolescent girls in peer group conformity occurs because of the student's desire to have goods or products that are similar to their group. Impulsive buying of female students can be seen from the type of impulse buying, namely: (1) Pure Impulse (students buy an item without having to first or buy something without any prior planning) are included in the "high" category (68.2%). (2). Suggestion Impulse (students as buyers have no prior knowledge about the product, saw it for the first time, and felt the need) were included in the "high" category (77.2%). (3) Reminder Impulse (presenting immediately that inventory will decrease or run out, remembering an information or advertisement for the product, and previous purchase decisions) is included in the “high” category (73.8%). (4). Planned Impulse (students who buy with certain expectations and goals such as special prices, discounts, coupons or others) are included in the "high" category (62.1%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desy Safitri, M.Si; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 14703 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:37
Last Modified: 08 Aug 2022 02:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32370

Actions (login required)

View Item View Item