PENGEMBANGAN MODUL “EVALUASI PENYELENGGARAAN DIKLAT” DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEMENTERIAN DALAM NEGERI

ARI WIJAYANTI, . (2013) PENGEMBANGAN MODUL “EVALUASI PENYELENGGARAAN DIKLAT” DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (166kB)
[img] Text
cover SKRIPSI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BIOGRAFI PENULIS 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan modul “Konsep Dasar Evaluasi Penyelenggaraan Diklat” untuk peserta diklat “Evaluasi Penyelenggaraan Diklat” di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan produk milik Derek Rowntree. Prosedur pengembangannya terdiri dari 3 (tiga) tahapan, antara lain tahap 1 perencanaan, tahap 2 persiapan penulisan, dan tahap 3 penulisan dan penyuntingan. Dalam ketiga tahap tersebut, di dalamnya terdapat langkah-langkah yang harus dilalui terlebih dahulu agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Evaluasi yang dilakukan terhadap produk yang dikembangkan hanya melalui evaluasi review ahli yang melibatkan ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional. Dalam evaluasi ini menghasilkan skor antara lain, dari ahli materi sebesar 3,13, ahli media sebesar 3,18, dan dari ahli desain intruksional menghasilkan skor sebesar 3,1. Dengan adanya hasil skor tersebut, maka produk yang dibuat termasuk dalam kategori baik. Adapun dari hasil tersebut, masih harus dilakukan evaluasi untuk aspek-aspek yang lainnya. Akan tetapi dalam pengembangan modul ini, peneliti hanya melakukan evaluasi review ahli. Maka apabila dilakukan pengujian lagi terhadap modul ini, akan lebih terlihat dimana letak kelebihan dan kekurangannya, serta akan terlihat seberapa besar efektifitasnya dalam penggunaan modul yang telah peneliti kembangkan. ***** This development was to produce a module "Basic Concepts of Training Performance Evaluation” for training participants of “Training Performance Evaluation” in Education and Training Department, Ministry of Home Affairs. This development refers to the model of product development belongs to Derek Rowntree. Development procedure consists of three (3) phases, including planning stage 1, stage 2 preparation for writing, and writing and editing stage 3. In all these stages, in which there are steps that must be passed first in order to proceed to the next stage. Evaluation of the product that is developed only through expert review evaluation involving subject matter experts, media specialists, and instructional design experts. In this evaluation resulted in a score, among others, from subject matter experts by 3.13, 3.18 by media experts, and instructional design from the experts resulted in a score of 3.1. With the results of these scores, the products made are included in both categories. As for the results, they should be evaluated for other aspects. However, in the development of this module, the researcher simply evaluating expert review. So when tested again on this module, it will be seen that the points of the advantages and disadvantages, and will be seen how great effectiveness in the use of modules that have been developed researchers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:13
Last Modified: 10 Aug 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32401

Actions (login required)

View Item View Item